21.4 C
Indonesia
Minggu, Oktober 17, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

KPU Jabar Imbau Penyelenggara Pemilu Gelar Nobar Debat Pertama Pilpres 2019

BANDUNG, ruber – Menyongsong debat publik pilpres yang akan digelar pada 17 Januari 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat mengimbau penyelenggara Pemilu 2019 di Jawa Barat untuk melaksanakan kegiatan nonton bersama (nobar) siaran langsung tersebut.

BACA JUGA: Ini Dia Jadwal Lengkap Debat Publik Pilpres 2019

Ketua KPU Rifqi Ali Mubarok menyebutkan, KPU Jabar pun akan menyelenggarakan nobar debat publik pilpres.

“Kami akan melaksanakannya di Aula Setia Permana KPU Jabar, ” kata Rifqi di kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Selasa (15/1/2019).

“Saya harap, kegiatan nobar ini bisa melibatkan sebanyak mungkin penonton yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat, sebagai bagian dari edukasi politik.”

Masyarakat Jabar, lanjut Rifqi, perlu menyaksikan tayangan debat yang pertama ini. Dalam debat yang disiarkan secara langsung tersebut, masyarakat bisa memperoleh informasi mengenai program, visi dan misi setiap pasangan calon.

“Walaupun tidak tertutup kemungkinan masyarakat sudah memiliki pilihan, namun dengan menyaksikan debat, masyarakat bisa memiliki referensi lebih untuk meyakinkan diri dalam menentukan pilihan di TPS, April mendatang,” ungkap Rifqi.

Menurut Rifqi, debat pilpres merupakan tahapan yang sudah diatur Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu, Pasal 277 ayat 6.

Tujuannya agar masyarakat bisa menjadi pemilih yang berwawasan dan cerdas ketika menggunakan hak pilihnya. Melalui debat capres, pemilih dapat menilai kualitas, penguasaan permasalahan, visi, konsep, program konkret, spontanitas dalam memberikan solusi, dan lain-lain dari masing-masing kandidat.

“Hasilnya nanti, pemilih memiliki keyakinan saat menentukan pilihannya,” katanya lagi.

Sebagaimana diinformasikan oleh KPU, debat pertama capres dan cawapres untuk Pemilu 2019 akan dilaksanakan Kamis (17/1/2019).

Debat digelar di Hotel Bidakara, Jakarta, mulai jam 20.00 WIB dan disiarkan secara langsung oleh Kompas TV, TVRI dan RTV serta Radio Republik Indonesia (RRI). Sedangkan tema debat yaitu Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme. red

loading…


BACA JUGA:  KPU Segera Evaluasi Debat Perdana Capres 2019

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles