26.4 C
Indonesia
Senin, September 20, 2021
spot_img

Konsumsi Buah-buahan Ini untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Konsumsi Buah-buahan Ini untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

ruber.id — Bagi Anda mempunyai penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, dokter tentunya menyarankan untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.

Karena, vitamin dan mineral serta serat yang terkandung dalam sayuran atau buah-buahan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Khususnya, buah yang mengandung kalsium, magnesium, serta kalium.

Jika Anda masih bingung mencari buah apa saja yang baik untuk penderita hipertensi, berikut beberapa daftarnya yang berhasil dilansir ruber.id dari berbagai sumber.

Tomat

Kabar gembira bagi penderita hipertensi yang menyukai tomat, karena buah ini ternyata merupakan salah satu yang ampuh menjadi penurun darah tinggi. Kemungkinan, kandungan antioksidan dan karotenoidnya berperan penting dalam menurunkan tekanan darah.

Jeruk

Buah jeruk juga bermanfaat menurunkan tekanan darah Anda karena. Hal ini dibuktikan dengan studi yang dilaksanakan oleh tim peneliti Cleveland Clinic.

Sedikitnya 25 partisipan dengan penyakit jantung mengikuti penelitian ini. Setelah dua minggu meminum jus jeruk tanpa tambahan vitamin C, tekanan darah mereka menurun lebih jauh.

BACA JUGA:  Pola Hidup Sehat Ini Bikin Awet Muda, Alami dan Mudah Lho!

BACA JUGA: Lemas dan Letih karena Anemia? Konsumsi Makanan Ini untuk Mengatasinya

Semangka

BACA JUGA:  Keputusan Penting yang Butuh Banyak Biaya, Siapkan Sebelum Menyesal

Ini juga dapat Anda manfaatkan sebagai penurun tekanan darah tinggi. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kandungan L-citrulline dan L-arginine pada semangka berperan dalam menurunkan tekanan darah.

Sitrulin yang terdapat pada semangka dapat menurunkan angka sistolik dan diastolik pada penderita hipertensi.

Nanas

Kandungan kalium yang banyak terdapat pada buah nanas dapat bermanfaat sebagai penurun tekanan darah.

Beberapa penelitia membuktikan bahwa kandungan kalium yang tinggi dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah akan lebih lancar dan risiko penyempitan pembuluh darah pun mengecil.

Kiwi

Kiwi merupakan salah satu buah yang dianjurkan sebagai penurun tekanan darah tinggi paling ampuh. Alasannya, dalam satu buah kiwi terkandung 2% kalsium, 7% magnesium, dan 9% kalium yang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda.

Tak hanya itu, buah kiwi juga kaya akan vitamin C yang bersifat antioksidan yang dapat membantu tubuh Anda dalam melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh.

BACA JUGA:  Lemas dan Letih karena Anemia? Konsumsi Makanan Ini untuk Mengatasinya

Pisang

Ternyata, buah pisang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Jika tidak menyukai buah-buahan yang sebelumnya disebutkan, Anda bisa mengonsumsi buah yang sangat terjangkau dan mudah ditemukan ini.

Dalam satu buah pisang ukuran sedang ternyata mengandung 1% kalsium, 8% magnesium, dan 12% kalium yang Anda butuhkan setiap hari.

BACA JUGA:  Pengen Badan Tetap Bugar Meski Tidur Sebentar? Ikuti Tips Ini

Bukan hanya untuk menurunkan tekanan darah, pisang juga mampu membantu menurunkan kadar hormon stres dalam darah. Karena itu, mulailah konsumsi pisang setiap hari setidaknya 1 buah sebagai sarapan atau makanan selingan Anda.

Alpukat

Alpukat kaya akan lemak baik, juga kaya akan vitamin dan mineral, sehingga buah ini efektif sebagai penurun darah tinggi. Pada satu setengah buah alpukat dapat menyediakan 1% kalsium, 5% magnesium, dan 10% kalium yang Anda butuhkan.

Buah Beri

Anda tentunya sudah tahu buah stroberi, blueberry, dan raspberry bukan? Semua jenis buah tersebut ternyata sangat bermanfaat sebagai penurun tekanan darah tinggi.

BACA JUGA:  Pengen Badan Tetap Bugar Meski Tidur Sebentar? Ikuti Tips Ini

Buah Bit

Satu penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal American Heart Association menunjukkan bahwa konsumsi jus bit juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Delima

Buah yang satu ini sering disebut juga sebagai pomegranate. Dari segudang manfaat buah delima, salah satunya adalah sebagai buah penurun tekanan darah tinggi, dan sudah banyak penelitian yang membuktikan hal ini.

Pir

Pada buah pir mengandung kalium sebanyak 190 mg, tidak mengandung sodium dan lemak, sehingga risiko Anda untuk mengalami tekanan darah tinggi pun berkurang.

Melon

Satu lagi buah yang mengandung kalium tinggi, yaitu melon memenuhi 12% dari angka kebutuhan harian Anda, menjadikan buah ini sebagai penurun darah tinggi yang baik.

BACA JUGA:  Waspada Nyeri Otot Tak Kunjung Sembuh, Inilah Penyebabnya

Mangga, anggur dan apel juga mengandung kalium untuk menurunkan tekanan darah.

Itulah buah-buahan yang dapat menurunkan tekanan darah. Selamat mencoba! tasya

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles