Kompleksitas Pemilu 2019 Rawan Picu Gangguan Keamanan

  • Bagikan

PANGANDARAN, ruber — Jelang Pemilu 2019, Pemkab Pangandaran gelar apel pasukan tingkat kabupaten di Alun-alun Parigi, Jumat (22/03/2019).

BACA JUGA: TNI/Polri di Sumedang Jamin Keamanan Pemilih saat Hari H Pencoblosan

Wakapolres Ciamis Kompol Lalu Wira Sutriana mengatakan, apel gelar pasukan dilaksanakan secara serentak dan masif di seluruh wilayah Indonesia dengan melibatkan TNI/Polri dan seluruh komponen masyarakat.

“Apel gelar pasukan untuk mengecek kesiapan personel, sarana dan prasarana sebelum diterjunkan dalam pelaksanaan pengamanan pemilu serentak agar aman, lancar dan damai,” katanya kepada ruber.

Lalu menuturkan, pemilu kali ini memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas.

Karena, untuk pileg dan pilpres akan dilaksanakan secara serentak dengan ambang batas parlemen tresshold sebesar 4%.

“Dilihat dari kacamata kamtibmas, peningkatan intensitas kegiatan politik dapat mewujudkan potensi kerawanan di bidang keamanan,” tuturnya.

Lalu menyebutkan, ada beberapa agenda penting menjelang pemilu 17 April mendatang.

Di antaranya, kampanye rapat umum serentak selama 21 hari dari tanggal 24 Maret-13 April 2019.

“Sesuai tahapan dari KPU, kampanye rapat umum partai politik serta pasangan capres/cawapres dibagi menjadi dua zona dengan waktu yang sudah ditentukan, yakni Jawa Barat termasuk zona A,” sebutnya. dede ihsan

WAKAPOLRES Ciamis Kompol Lalu Wira Sutriana bersama Wabup Pangandaran Adang Hadari cek kesiapan personel jelang Pemilu 2019, Jumat (22/3/2019). dede/ruang berita
loading…


  • Bagikan