22.4 C
Indonesia
Selasa, Oktober 26, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

Kompaknya Karang Taruna Cipanas Hias Tembok Penahan Longsor dengan Warna Biru Persib

SUMEDANG, ruber – Kecintaan pada tim sepakbola Jawa Barat, Persib, telah menginspirasi Karang Taruna Tupas, Dusun Pangaroan, Desa Cipanas, Kecamatan Tanjungkerta Sumedang, untuk memperindah tembok penahan longsor dengan warna biru.

BACA JUGA: Karang Taruna Laskar Muda Tadjimalela Serahkan Bantuan untuk Yatim Piatu dan Duafa

Menurut Karta, Kepala Dusun Pangaroan, prakarsa para pemuda yang tergabung dalam karang taruna ini mendapatkan antusiasme warga, sehingga mereka pun bahu membahu membantu proses pengecatan dinding berbatu yang memiliki panjang 1 kilometer.

“Kegiatan ini dilakukan untuk memperindah lingkungan, supaya tampak resik dan sedap dipandang. Selain itu, juga sebagai implementasi gotong royong, yang memang sudah semestinya digalakkan,” ungkap Karta kepada ruber, Kamis (17/1/2019).

Gotong royong, kata Karta, merupakan salah satu perwujudan yang diamanatkan Peraturan Daerah Sumedang Nomor 113 Tahun 2009 Tentang Sumedang Puseur Budaya Sunda (SPBS).

“Jelasnya, gotong royong ini tercantum dalam penjelasan nilai-nilai SPBS, sebagai nilai-nilai manajerial. Istilahnya, ka luhur jujur ngabantu, kagigir ngais tarapti, ka handap cekas ngabina.”

“Sehingga melalui spirit ini diharapkan akan tumbuh pemahaman bahwa modal sosial masyarakat, termasuk di dalamnya gotong royong, merupakan modal utama dalam pembangunan,“ paparnya.

Dana untuk kegiatan pengecatan dengan warna biru Persib ini seluruhnya berasal dari donasi para warga.

“Proses pengecatan berlangsung selama beberapa hari. Ditargetkan, Kamis siang hari ini proses pengecatan selesai,” katanya.

Menurut Karta, pada tembok berbatu yang sudah dicat dengan warna biru Persib, rencananya akan dibubuhi tulisan berbunyi ‘Cipanas Nyacas, Sumedang Simpati, Jabar Juara’.

Simpati merupakan visi misi pemerintah Kabupaten Sumedang, yang berarti Sumedang yang sejahtera masyarakatnya, agamis akhlaknya, maju daerahnya, profesional aparatnya dan kreatif ekonominya. eta

loading…


BACA JUGA:  20 Warga Sumedang Positif Rapid Test Diisolasi di Wisma Haji

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles