Keutamaan Malam Nuzulul Quran, Berikut Amalannya

Keutamaan Malam Nuzulul Quran, Berikut Amalannya
Foto ilustrasi Pexels Istockphoto

KOPI PAGI, ruber.id – Bulan Ramadan, merupakan salah satu bulan yang istimewa dalam ajaran agama Islam. Sebab, bulan ke sembilan dalam kalender hijriah ini memiliki banyak keutamaan. Salah satu keutamaannya, yakni terdapat peristiwa malam Nuzulul Quran.

Berdasarkan sejarah Islam, peristiwa Nuzulul Quran terjadi pada malam ke 17 bulan Ramadan. Sehingga, malam ke 17 ini, sering disebut malam Nuzulul Quran.

Peristiwa Nuzulul Quran adalah peristiwa Alquran pertama kalinya diturunkan langsung kepada Nabi Muhammad SAW.

Oleh karenanya, malam Nuzulul Quran memiliki banyak sekali keutamaan dan keistimewaan.

Adapun, beberapa keutamaan malam Nuzulul Quran yakni sebagai berikut.

Malam Penuh Keselamatan

Hal ini didasarkan pada Firman Allah SWT dalam Alquran, Surat Al Qadar ayat ke 4 yang terjemahannya adalah “Untuk mengatur segala urusan”.

Baca juga:  Bersama FKUB dan KCS, Forkopimda Sumedang Bagikan Takjil Gratis

Menurut Sa’id ibnu Mansur yang telah menceritakan kepada Isa ibnu Yunus, kemudian diceritakan kepada Al-A’masy dari Mujahid menyampaikan bahwa makna ayat tersebut adalah malam penuh kesejahteraan.

Malam Kemuliaan dan Diturunkannya Alquran

Sebagaimana Ali Ibnu Urwah menyampaikan bahwa, pada suatu hari Nabi Muhammad SAW bercerita tentang kisah empat lelaki yang berasal dari kaum Bani Israil.

Keempat orang itu, menyembah Allah selama delapan puluh tahun. Selama kurun waktu itu, mereka tidak pernah melakukan kedurhakaan kepada Allah.

Para sahabat Nabi Muhammad SAW merasa kagum terhadap keempat orang Bani Israil tersebut. Maka datanglah Malaikat Jibril berkata kepada Nabi Muhammad SAW.

“Hai Muhammad, umatmu merasa kagum dengan ibadah yang dilakukan mereka selama delapan puluh tahun itu. Namun sesungguhnya Allah SWT telah menurunkan hal yang lebih baik dari pada hal itu.”

Baca juga:  Kisah Mistis di Balik Pemberian Nama Candi Jiwa Batujaya Karawang

Malaikat Jibril pun menyampaikan Firman Allah SWT. “Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemulian. Dan tahukan kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan lebih baik dari pada seribu bulan.” Alquran Surat Al Qadar ayat 1-3.

Oleh karena itu, banyak orang berbondong-bondong meningkatkan amalan di Malam Nuzulul Quran.

Adapun, amalan yang utama untuk dilakukan di malam Nuzulul Quran adalah sebagai berikut.

Membaca Alquran dan Iktikaf di Masjid

Keistimewaan membaca Alquran di malam Nuzulul Quran yaitu salah satunya, bisa mendapatkan pahala dan syafaat pada hari kiamat kelak.

Hal ini, sebagaimana hadis Nabi Muhammad SAW sebagaimana diriwayatkan Muslim, dari Abu Ummah Al Bahili mengatakan Nabi Muhammad SAW bersabda.

Baca juga:  Hadiri Peringatan Nuzulul Qur'an di Masjid Agung Garut, Wabup Ajak Jemaah Segera Divaksin

“Bacalah Alquran. Karena sesunguhnya, Alquran kelak akan datang di Hari Kiamat untuk memberikaan syafaat kepada penganutnya.”

Oleh karenanya, membaca Alquran tersebut lebih afdhol sembari melakukan iktikaf di Masjid.

Istiqomah

Adapun, amalan yang bisa dilakukan di malam Nuzulul Quran adalah Istiqomah.

Sebagai umat muslim, memang seyogyanya harus selalu istiqomah untuk bertakwa kepada Allah SWT. Terutama, di malam di mana diturunkannya Alquran.

Penulis: Shendy Boy TD/Editor: Bam