Sunday, 31 May 2020

Kembangkan Portal Risiko COVID-19, BNPB Gandeng Universitas Indonesia

Baca Juga

MUI Ciamis Minta Tuyul dalam Botol Dimusnahkan

CIAMIS, ruber.id - MUI Ciamis, Jawa Barat meminta dua tuyul dalam botol yang ditemukan warga dimusnahkan. Diketahui, dua sosok...

Yayan Herdiaman Pensiun, Jabatan Kepala BPBD Kota Banjar Kosong

KOTA BANJAR, ruber -- Jabatan kepala pelaksana BPBD Kota Banjar kosong. Kekosongan jabatan ini setelah Yayan Herdiaman resmi pensiun hari ini, Rabu (31/7/2019). Yayan berakhir masa...

Kondusif Selama Pesta Demokrasi, Forkopimda Ciamis Syukuran Doa Bersama

Kondusif Selama Pesta Demokrasi, Forkopimda Ciamis Syukuran Doa Bersama CIAMIS, ruber.id -- Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menggelar syukuran doa bersama...

Tanah Bergerak Akibat Proyek Tol Cisumdawu, Ancam Rumah Warga di Sumedang

SUMEDANG UTARA, ruber.id - Lahan dan pemukiman warga di Dusun Antari, Desa Sirnamulya, Kecamatan Sumedang Utara, Sumedang, Jawa Barat ambles.

DEPOK, ruber.id – Setelah sukses menciptakan dan merilis Peta Daring Sebaran Covid-19, SiCovid-19 pada 19 Maret 2020 lalu.

Gabungan Tim Ahli dan Peneliti Universitas Indonesia (UI) di bawah koordinasi Direktorat Inovasi dan Science Techno Park UI digandeng Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

BNPB menggandeng UI untuk berkolaborasi mengembangkan Portal InaRISK.

Di mana, data dan engine yang telah dikembangkan UI pada portal SiCovid-19, akan digunakan oleh Portal InaRISK untuk menekan indeks risiko bencana.

“Selain itu, tim ahli dan peneliti UI juga tengah melakukan dua pengembangan pada SiCovid-19,” ucap Kepala Biro Humas dan KIP UI Amelita Lusia, melalui rilis yang diterima ruber.id, Sabtu (4/3/2020).

Pertama, kata Amelita, pengembangan peta jangkauan dan rerata waktu tempuh masyarakat menuju rumah sakit rujukan nasional.

Nantinya, kata dia, peta ini dapat mengetahui wilayah mana saja yang tidak terlayani dengan baik, dilihat dari waktu tempuh menuju rumah sakit rujukan nasional.

Kedua, kata Amelita, analisis konsentrasi NO2 untuk mengetahui apakah physical distancing dan working from home (WFH) efektif dalam menekan mobilitas warga.

“InaRISK dengan akses melalui http://inarisk.bnpb.go.id/ merupakan portal yang dimiliki BNPB.”

“Untuk mengkaji risiko serta memberikan gambaran cakupan wilayah ancaman bencana dan populasi terdampak untuk dapat mengurangi indeks risiko bencana,” sebutnya.

Sementara itu, Inovator SiCovid-19 Ardiansyah menuturkan, data yang digunakan oleh InaRISK merupakan data yang sama dengan data SiCovid-19.

“Kami memberikan model builder yang dapat digunakan untuk generate model tersebut.”

“Kami memberikan engine-nya kepada BNPB. Sehingga BNPB, dapat langsung melakukan update data.”

“Baik itu masyarakat yang positif terinfeksi COVID-19, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP),” jelasnya.

SiCovid-19 merupakan portal webGIS karya gabungan peneliti UI ini memiliki kemampuan untuk memetakan penduduk yang terinfeksi COCID-19.

Selanjutnya sebaran lokasi pasien yang positif terinfeksi COVID-19 dan membantu pemerintah dalam memetakan daerah yang rawan kasus infeksi baru.

Portal ini dapat diakses melalui situs: https://sicovid19-geography-ui.hub.arcgis.com/.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Abdul Haris menambahkan, UI akan terus mendukung pemerintah.

Terutama dalam menghadapi pandemi virus corona, yang terjadi dengan menghadirkan tim ahli dan peneliti dalam membantu pengendalian persebaran COVID-19. (R007/Moris)

BACA JUGA: Bukan karena Faktor Cuaca, Ini Penyebab Kasus Corona di Indonesia Melonjak versi BMKG dan UGM

Komentar

loading...

Artikel Terbaru

Sudah Ada 2 Kematian, Kasus Demam Berdarah di Sumedang Tinggi di 3 Kecamatan

SUMEDANG, ruber.id - Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat mencatat 2 kematian akibat Demam Berdarah Dengue (DBD). Sejak Januari-April...

Jadi Zona Biru Corona, Bupati Sumedang Puji para Camat

SUMEDANG, ruber.id - Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir memuji kinerja 26 camat se Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Bupati...

Minggu Pagi, Rumah Jompo di Sumedang Utara Ludes Terbakar

SUMEDANG UTARA, ruber.id - Rumah milik jompo di Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang ludes terbakar, Minggu (31/5/2020) pagi sekitar jam 09.30 WIB.

Dua Korban Tenggelam di Pantai Dadap Indramayu Ditemukan

INDRAMAYU, ruber.id - Dua korban yang hilang terseret arus di Pantai Dadap, Indramayu, Jawa Barat ditemukan meninggal dunia, Sabtu (31/5/2020) malam.

Warga Cilacap Ditemukan Tewas di Pantai Karang Tirta Pangandaran

PANGANDARAN, ruber.id - Tim SAR gabungan menemukan Sabar, 25, di Pantai Karang Tirta, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (30/5/2020) malam jam 19.30 WIB.