21.4 C
Indonesia
Selasa, November 30, 2021

Kebun Raya Perkuat Riset dan Konservasi Keanekaragaman Tumbuhan Indonesia

Jakarta, Ruber.id – Kebun Raya perkuat riset untuk meningkatkan kualitas dari salah satu tempat wisata ini.Belum lagi akan ada peningkatan lainnya termasuk untuk digitalisasi. Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Laksana Tri Handoko mengatakan prioritas BRIN adalah refocusing pada bidang digital, serta green and blue economy yang berbasis pada sumber daya dan keanekaragaman lokal, termasuk biodiversitas, seni, dan budaya.

Kebun Raya Perkuat Riset 

Kepala BRIN pun menyebutkan, biodiversity akan menjadi flagship yang penting dan strategis. Berkenaan dengan itu penelitian di bidang konservasi tumbuhan harus terus menerus ditingkatkan kualitasnya. “Kebun Raya lestari, Indonesia maju.

Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya R. Hendrian mengatakan, pandemi telah mengakibatkan terjadinya perubahan pada banyak aspek operasionalisasi kebun raya di berbagai belahan dunia. 

BACA JUGA:  Jelang PSBB di Sumedang, Wabup: Warga Luar Dilarang Masuk, Pemudik Akan Diisolasi

Melalui webinar ini diharapkan dapat diperoleh pembelajaran yang berharga, dari berbagai kasus di kebun raya – kebun raya di dunia. Hendrian juga menegaskan bahwa fungsi riset dan konservasi yang diemban oleh kebun raya harus terus lebih diperkuat.

Adapun pembicara dalam webinar tersebut berasal dari banyak narasumber yang sudah terkenal dan ahli. Mulai dari Botanic Gardens Conservation International (BGCI), International Union for Conservation of Nature (IUCN), Singapore Botanic Garden – Singapore, Kew Botanic Garden – UK, Bali Botanic Garden, dan Bogor Botanic Garden.

Selanjutnya, pada tanggal 20 Mei dilaksanakan peluncuran “Manajemen Koleksi Kebun Raya Indonesia”. Seluruh rangkaian peringatan hari jadi Kebun Raya Bogor ke 204 ditutup dengan penandatanganan simbolik secara virtual.

BACA JUGA:  Toyota Tak Gentar Hadapi Persaingan Mobil China

Dokumen perpanjangan Nota Kesepahaman kerjasama riset antara Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya, Pusat Penelitian Biologi – LIPI dan Royal Botanic Gardens Kew, UK tahun 2021-2026 tentang “Researching and Conserving the Plant Diversity in Indonesia” pada tanggal 21 Mei 2021.  

Kebun Raya perkuat riset untuk meningkatkan demi peningkatan kualitas demi membuat Indonesia juga maju. Momen peringatan kebun raya ini juga sangat tepat untuk memjaukan kembali pariwisata di Indonesia yang sempat vakum selama pandemi Covid-19. (CW-005 Putra)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles