oleh

Visi Misi Pangandaran Ditunjang 6 Poin Prioritas

Ayo gunakan hak pilihmu!

PANGANDARAN, ruber.id – Visi dan misi Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat berhasil direalisasikan dengan ditunjang oleh 6 poin prioritas.

Berdasarkan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021 tertera, visi misi Kabupaten Pangandaran sebagai tujuan wisata berkelas dunia.

Kemudian, dalam Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2016-2025, telah ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 15/2016.

Pada RPJPD tersebut, Kabupaten Pangandaran memiliki visi sebagai tujuan wisata termaju di Jawa Barat.

Adapun 6 poin prioritas penunjang dalam merealisasikan visi misi Pangandaran, di antaranya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, bersih dan melayani.

Mewujudkan penataan ruang yang harmonis dan pengendalian pemanfaatan ruang yang berwawasan lingkungan; menyediakan infrastruktur dan fasilitas yang berkualitas.

Memperkuat ketahanan nilai-nilai kearifan lokal; membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang mandiri, berkualitas dan berdaya saing.

Terakhir, membangun perekonomian yang tangguh, maju, berkeadilan dan berkelanjutan.

Bupati Jeje Dinilai Berhasil Realisasikan Visi Misi Pangandaran

Di bawah kepemimpinan Jeje Wiradinata, Kabupaten Pangandaran dinilai berhasil merealisasikan visi misi yang telah ditetapkan.

Secara fakta, Jeje berhasil merealisasikan pembangunan selama menjadi Bupati Pangandaran.

Keberhasilan Jeje terukur dalam susunan RPJPD, RPJMD dan RKPD yang disinkronkan dengan tema nasional dan tema Jawa Barat.

“Kalau tema di tingkat nasionalnya, peningkatan SDM untuk pertumbuhan berkualitas,” kata Jeje.

Tema tersebut, sejalan dengan salah satu variabel pada poin visi misi Pangandaran, yakni membangun SDM yang mandiri, berkualitas dan berdaya saing.

“Kalau tema di Jawa Barat, pemantapan kesejahteraan masyarakat dan pelayanan publik,” ujarnya.

Jeje menuturkan, jika tema-tema tersebut dikaitkan dengan poin visi misi Pangandaran sudah sama. Yakni, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, bersih dan melayani.

Kemudian, membangun perekonomian yang tangguh, maju, berkeadilan dan berkelanjutan.

Pada tahun 2020, kata Jeje, Pangandaran telah merealisasikan pencapaian RPJMD melalui operasional RSUD Pandega.

“Lalu, peningkatan kualitas infrastruktur pelayanan dasar dan pelayanan pemerintahan menuju masyarakat Pangandaran sejahtera lahir batin,” tuturnya.

Dirinya menegaskan, kebijakan pembangunan memiliki dasar acuan yang jelas. Sehingga, dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepala daerah memiliki pedoman. (R001/smf)

BACA JUGA: Berita Politik Pangandaran

loading...

Komentar