21.4 C
Indonesia
Rabu, September 22, 2021
spot_img

Jangan Panik Jika si Kecil Demam dan Kejang, Lakukan Pertolongan Pertama Ini

ruber.id — Seorang ibu tentunya akan melakukan apapun untuk anaknya, demi kebahagiaan anaknya.

Namun, ketika si Kecil sakit, rasa panik akan menghampiri perasaan ibu. Bingung harus bagaimana dan melakukan apa untuk memberikan pertolongan pertama.

Seperti halnya ketika si Kecil demam disertai kejang-kejang. Sudah pasti ibu akan merasa panik dan tidak tenang.

Sebagai orang tua, Anda harus mengetahui bahwa demam pada sebagian anak adalah kondisi yang normal.

Ketika demam disertai kejang, ini dikenal sebagai kejang demam. Dalam menghadapinya, Anda dianjurkan untuk waspada namun tetap tenang.

Anda juga perlu mengetahui langkah pertolongan pertama bagi si Kecil yang mengalami kejang demam.

BACA JUGA:  Atasi Perut Kembung Tanpa Bantuan Obat

Informasi yang berhasil ruber.id himpun, kejang demam dapat menimpa anak usia 3 bulan hingga 5 tahun. Meski begitu anak usia 1 sampai 1.5 tahun lebih umum mengalaminya.

BACA JUGA:  Atasi Perut Kembung Tanpa Bantuan Obat

Belum diketahui secara pasti apa penyebab tubuh anak kejang saat demam. Hanya hal ini diketahui berkaitan dengan kenaikan suhu tubuh yang terlalu cepat dan kemampuan tubuh anak untuk beradaptasi terhadap peningkatan suhu tubuh.

BACA JUGA: Penyakit Ini Ditandai dengan Demam Naik Turun, Waspadai Sebelum Terlambat!

Sebelum mempelajari cara menolong si Kecil, Anda perlu tahu dulu cara memastikan apakah anak mengalami kejang demam atau tidak.

Cara mengetahuinya yakni dengan melihat gejala-gejalanya. Seperti suhu tubuh meningkat hingga lebih dari 38 derajat celcius.

Kemudian seluruh tubuhnya, terutama tungkai dan lengan, terlihat gemetar, kaku, atau menyentak-nyentak tidak terkontrol.

BACA JUGA:  Atasi Perut Kembung Tanpa Bantuan Obat

Terkadang, si Kecil juga mengerang, menggigit keras lidahnya, atau buang air kecil tiba-tiba, dan bola matanya berputar ke atas.

BACA JUGA:  Atasi Perut Kembung Tanpa Bantuan Obat

Biasanya, si Kecil tidak merespons Anda, misalnya tidak menjawab saat diajak bermain atau berbicara. Lebih parahnya, si Kecil pingsan atau kehilangan kesadaran setelah kejang.

Apabila si Kecil mengalami gejala-gejala tersebut, Anda dianjurkan untuk tidak panik. Anda harus tetap tenang, agar mampu memberikannya pertolongan pertama dengan baik.

Lalu, apa pertolongan pertama yang diberikan untuk menolong anak yang mengalami kejang demam?

Pertama, letakkan anak di tempat yang datar. Sebaiknya tempat tersebut luas dan bebas, sehingga anak tidak akan terbentur atau tertimpa benda tertentu saat kejang.

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles