Jalin Asmara Sejak SMA, Pasangan Muda Sumedang Ini Sukses Rintis Bisnis Dekorasi

Pengusaha Muda Sumedang Ini Sukses Rintis Bisnis Dekorasi
Rizky Susanto Saputra dan Cantika Anugrah, pasangan muda asal Sumedang yang sukses merintis usaha jasa dekorasi. dedi/ruber.id

KOPI PAGI, ruber.id – Menjalin hubungan asmara sejak SMA, pasangan muda Rizky Susanto Saputra, 25; dan Cantika Anugrah, 25, sukses merintis perusahaan penyedia jasa dekorasi, Buckley Decoration.

Berkat ketekunan keduanya pula, usaha yang telah dirintis sejak 2017 lalu ini makin berkembang dan kini membawahi 15 karyawan.

Buckley Decoration, berlokasi di Jalan Terusan Kutamaya Nomor 105 RT 01/02, Desa Padasuka, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang.

Berawal dari Dekorasi untuk Ulang Tahun sang Kekasih

Usaha ini, kata Rizky, berawal saat ia membuat dekorasi anniversary di salah satu cafe. Untuk memberikan kejutan pada ulang tahun sang kekasih, Cantika.

Dekorasi saat itu cukup sederhana, dulu dekorasi semacam itu disebut table decoration.

Baca juga:  Beda Mental! Perang Sarung Era Digital Berujung Tawuran, Dahulu Malah Seru dan Jadi Kenangan Asyik

“Sejak saat itu, temen-temen deket yang diundang di momen itu kan lumayan banyak tuh. Kemudian mulailah, banyak peminat, bahkan mulai merambah juga ke dekorasi ulang tahun,” ujar Rizky, kepada ruber.id, Senin (4/4/2022) malam.

Sampai saat ini, pengalaman demi pengalaman telah mengantarkan Rizky menjadi seorang pengusaha penyedia jasa dekorasi event.

Hingga ia dan Cantika lulus kuliah, dan fokus menekuni usahnya tersebut.

Pengalaman paling unik, kata Rizky, terjadi di tengah maraknya pandemi Covid-19.

Rizky menerangkan, meski secara umum para pengusaha dekorasi tak ada garapan karena aturan Covid-19, tentang larangan berkerumun. Justru, Buckley Decoration mendapat banyak garapan.

Sebab, klien ingin melaksanakan pesta dengan minimalis, pas dengan konsep dekorasi Buckley, sebelum merambah ke dunia weeding.

Baca juga:  Benteng dan Goa Peninggalan Belanda di Gunung Kunci dan Gunung Palasari Sumedang

“Banyak acara-acara yang diselenggarakan secara sederhana, tamu undangan yang terbatas, sekadar keluarga saja, kan.”

“Nah, dulu kebetulan Buckley memang dikenal sebagai penyedia jasa dekorasi yang ukuran pestanya itu kecil-kecilan. Jadi entah bagaimana, Alhamdulillah, saat Covid-19 itu, malah Buckley dapet terus orderan,” tuturnya.

Selain itu, kata Rizky, dalam setahun, ada bulan di mana para pengusaha dekor pesta pernikahan ini panen orderan.

Rizky menjelaskan, bahwa di bulan Rayagung atau bulan Zulhijah ini orderan penuh. Bahkan, senantiasa mempersiapkan segala kebutuhannya mulai dari bulan Ramadan dan bulan Syawal, mendatang.

“Biasanya Rayagung, soalnya banyak yang nikahan. kita juga persiapan dari dua bulan sebelumnya. Ya, bulan puasa sama syawal, jadi nanti biar tidak keteter kalau ada sesuatu yang diperlukan di bulan Rayagung mendatang,” tambahnya.

Baca juga:  Mengenal Ciri Khas Golok Asal Pangandaran, Bergagang Tanduk

Rizky menerangkan, bahwa pemesan harus booking terlebih dahulu minimal 1 bulan sebelum hari H.

Rizky menambahkan, ia menawarkan beberapa paket yang diklasifikasi ke dalam dua tipe paket.

“Untuk paket gedung, ada Asoka yang dibanderol seharga Rp11.5 juta dan Sakura seharga Rp20.5 juta.”

“Kalau event yang dilaksanakan di rumah, ada paket Burgenvil, Amarilis dan Azalea, itu harganya mulai dari Rp13.5 juta, Rp18.5 juta, dan Rp23.5 juta untuk Azalea,” ucapnya.

Merambah ke Weeding Organizer Sejak 2019