26.4 C
Indonesia
Senin, September 20, 2021
spot_img

Ini Kata KPU, Bawaslu dan Kapolres Sumedang Sebelum Melakukan Nobar Debat Capres/Cawapres

SUMEDANG, ruber — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang berencana akan menggelar nonton bareng debat publik antara Capres/Cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

BACA JUGA: KPU Jabar Imbau Penyelenggara Pemilu Gelar Nobar Debat Pertama Pilpres 2019

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang Ogi Ahmad Fauzi mengatakan, nonton bareng tersebut merupakan instruksi dari KPU Provinsi Jawa Barat.

“Iya, ini untuk di internal KPU Sumedang saja, sesuai arahan dari KPU Provinsi Jawa Barat. Kami juga menginstruksikan ke PPK dan PPS untuk menyelenggarakan nobar. Dengan harapan kalau di wilayah masing-masing itu bagian dari sosialisasi,” ujarnya saat dihubungi ruber, Kamis (17/1/2019).

Menurut Ogi, nobar semula akan dilakukan di ruang terbuka, namun kini digeser menjadi di dalam ruangan.

“Jadinya di aula, tidak jadi di halaman, karena antisipasi kalau terjadi hujan,” sebutnya.

Sementara, untuk antisipasi adanya tindakan kecurangan dalam Pilpres 2019 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumedang tetap akan melakukan pengawasan di sejumlah titik.

“Kami melakukan pengawasan sebagaimana biasanya, tidak ada yang berbeda baik itu sebelum maupun menjelang debat pasangan calon,” kata Komisioner Bawaslu Sumedang Divisi Penindakan Pelanggaran Ade Sunarya.

Ade juga mengimbau agar masyarakat secara gebyar menyemarakkan untuk menonton acara siaran langsung debat ini untuk melihat secara langsung pemaparan visi misi dan program pasangan calon, serta mempelajari track record pasangan calon. 

“Dan kepada para pihak yang nobar dari simpatisan dan partisan agar tetap menonton sewajarnya,” sebutnya.

Sementara itu, untuk antisipasi adanya kemacetan lalu lintas dan tindak pidana yang lain, Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo menerjunkan sekitar 150 personel di tiga titik, yaitu kantor KPU, GIM dan kopi depan Islamic Center.

“Betul, kami sudah siapkan pengamanan untuk nobar debat capres dan cawapres nanti malam,” terangnya.

Hartoyo juga turut memberikan imbauan agar masyarakat dapat tertib melihat tayangan debat capres yang pertama ini.

“Jaga kondusifitas kamtibmas dan tetap menjaga persaudaraan masing-masing pendukung. Pilihan boleh berbeda, persaudaraan dan persatuan tetap harus dijaga,” tuturnya. bay

loading…


BACA JUGA:  Kakak Beradik Cabuli Gadis 13 Tahun di Rancakalong Sumedang

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles