Ini Alasan Warga Vrindavan Lebih Suka Makan Pakai Tangan

Ini Alasan Warga Vrindavan Lebih Suka Makan Pakai Tangan
Foto ilustrasi from Istockphoto

KOPI PAGI, ruber.id – Ini alasan warga Vrindavan lebih suka makan pakai tangan. Di sejumlah media sosial, sering sekali kita lihat ragam kuliner di India yang disajikan oleh penjajanya dengan menggunakan tangan.

Hal ini, saban kali jadi bulan-bulanan netizen Indonesia. Kebiasaan warga Vrindavan — begitu julukan warganet +62 untuk orang India — tersebut dinilai menggelikan dan bikin makanan tidak higienis.

Mendapat cibiran ini, tentu tak bikin warga India baper. Mereka tak peduli atas tanggapan negara lain mengenai kebiasaan tersebut.

Tradisi Turun Temurun dari Leluhur

Bahkan, menurut situs India Today, tradisi yang dilakukan turun temurun dari leluhur mereka ini adalah cara terbaik untuk menikmati kelezatan masakan India.

Baca juga:  Profil Lakshya Sen, Pebulutangkis India yang Kalahkan Axelsen di Piala Thomas 2022

Dalam suatu kesempatan, mantan perdana menteri India, Pandit Jawaharlal Nehru pernah mengatakan jika makan nasi biryani memakai sendok dan garpu. Sama seperti seseorang yang tengah ingin bercinta namun diwakilkan orang lain. Rasanya tentu saja tidak enak.

Sebenarnya, ada alasan-alasan tertentu di balik kebiasaan warga India makan pakai tangan. Yang pertama, selain tradisi turun temurun, memakan dengan menggunakan jari-jari tangan punya kebaikan tersendiri.

Alasan kedua, ternyata banyak kuliner di India yang justru sulit dimakan dengan menggunakan sendok dan garpu.

Rotis dan paratha, misalnya. Dua kuliner ini ribet banget jika harus menyantapnya dengan sendok – garpu.

Lalu makanan yang menggunakan ikan sebagai lauk. Amat sulit memisahkan daging ikan dari durinya jika menggunakan alat-alat makan.

Baca juga:  14 September, Sejarah Hari Kunjungan Perpustakaan: Geliatkan Budaya Gemar Membaca

Alasan ketiga, ternyata banyak masakan India yang beralaskan daun pisang.

Tentu, alas daun pisang tersebut akan robek jika terkena garpu. Jadi lebih aman makan pakai tangan, deh.

Alasan keempat berkaitan dengan kesehatan. Masyarakat India menyakini jika makan memakai tangan maka menu yang disantap tadi dapat dengan mudah dicerna oleh perut sehingga melancarkan buang air besar.

Untuk yang satu ini, belum ada penelitian apa pun terkait makan pakai tangan dengan kesehatan. Ini diyakini hanya sebagai tradisi masyarakat India saja.

Dan alasan terakhir, makan memakai tangan meningkatkan konsentrasi supaya makanan yang masuk ke dalam mulut bisa berguna untuk tubuh.

Praktik mindful eating memang banyak digunakan bagi mereka yang mengalami kesulitan untuk makan.

Baca juga:  Sejarah Nintendo, Game Watch Paling Digandrungi Anak Zaman Dulu

Mindful eating, juga diyakini mampu meningkatkan cita rasa suatu makanan.

Dengan lima alasan yang cukup masuk akal tadi, wajar jika bangsa India lebih suka makan dengan tangan ketimbang memakai sendok dan garpu, ya. Ada yang ingin mengikuti?

Penulis: Ardini Maharani DSEditor: Bam