22.4 C
Indonesia
Selasa, November 30, 2021

HUT ke-9 Pangandaran, bank bjb Dukung Kemajuan Ekonomi Warga

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – HUT ke-9 Kabupaten Pangandaran mengusung tema ‘Bersinergi Tuntaskan Pandemi, Ekonomi Bangkit Wujudkan Pangandaran Juara’.

Senin (25/10/2021), Kabupaten Pangandaran genap berusia 9 tahun. Pangandaran kini tengah berjuang untuk memulihkan kondisi dampak pandemi Covid19.

Daerah otonom paling bungsu di Jawa Barat ini terus berupaya berbenah mewujudkan visi Pangandaran juara menuju wisata berkelas dunia yang berpijak pada nilai karakter bangsa.

Pandemi Covid-19 memukul banyak sektor perekonomian, tak terkecuali sektor pariwisata. Sehingga, untuk memulihkan keadaan diperlukan sejumlah adaptasi dan inovasi agar bisnis dapat kembali bergerak.

Pada momentum HUT ke-9 Kabupaten Pangandaran ini, bank bjb terus berupaya memainkan peranannya. Serta berkolaborasi dengan Pemkab dan masyarakat Pangandaran.

BACA JUGA:  Oksigen di RSUD Pandega Menipis, Harga Merangkak Naik

Salah satunya melalui percepatan digitalisasi dalam setiap aktivitas perekonomian.

Bentuk adaptasi di masa pandemi Covid-19 yang hingga saat ini terus berjalan adalah, pemanfaatan teknologi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dalam melakukan berbagai transaksi keuangan.

Dengan QRIS, masyarakat tak perlu lagi melakukan transaksi dengan uang tunai dan tatap muka. Sehingga lebih aman sesuai protokol kesehatan Covid-19.

QRIS Diterapkan di Kawasan Wisata Pangandaran

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan, saat ini QRIS telah diterapkan di kawasan wisata Pangandaran.

Bank bjb bekerjasama dengan Pemkab Pangandaran mendorong pengaplikasian QRIS di berbagai tenant wirausaha di kawasan wisata Pangandaran.

“Ini dilakukan sebagai wujud dukungan bagi pelaku usaha pariwisata. Supaya dapat beradaptasi dengan keadaan di masa pandemi,” kata Widi dalam press rilis yang diterima ruber.id.

BACA JUGA:  Kapal Tongkang Terdampar di Pangandaran, Separuh Badan Sudah Terendam

Selain itu, bank bjb juga bekerjasama dengan Kamar Dagang Industri (KADIN) Pangandaran, mendukung perkembangan ekonomi masyarakat Pangandaran.

Hal itu dilakukan melalui pemberian akses permodalan berbentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk Petani Porang serta Peternak Sapi.

Bank bjb senantiasa berkomitmen mendukung geliat kebangkitan ekonomi masyarakat di masa pandemi.

“Berbagai kebijakan dan kolaborasi program yang diterapkan di Kabupaten Pangandaran, diharapkan dapat mendorong kesejahteraan masyarakat setempat. Termasuk para pelaku UMKM,” tuturnya.

Widi berharap, peran aktif bank bjb mendukung kemajuan usaha masyarakat dapat berkontribusi pada peningkatan kunjungan wisata di Pangandaran.

“Sehingga visi Kabupaten Pangandaran menuju wisata berkelas dunia yang berpijak pada nilai karakter bangsa dapat terwujud,” ungkapnya. (R002)

BACA JUGA:  Tangkapan Ikan Nelayan Pangandaran, Retribusi Capai Rp2.5 Miliar

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles