27.4 C
Indonesia
Sabtu, Juli 31, 2021
spot_img

Hati-hati! Jangan Minum Air Kelapa Jika Tubuh Sedang dalam Kondisi Ini

TIPS & HOBI, ruber.id – Sudah menjadi rahasia umum bahwa air kelapa muda memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Ya, Anda pastinya sudah mengetahui bahwa air kelapa muda bisa mengatasi beragam jenis penyakit.

Buah yang satu ini juga sangat mudah didapat. Karena itu, banyak yang memilih air kelapa muda sebagai pelepas dahaga, dan berharap itu juga dapat bermanfaat bagi tubuhnya.

Namun tahukah Anda bahwa air kelapa juga bisa berbahaya bagi tubuh, terutama jika Anda menderita penyakit atau dalam kondisi tertentu.

Saat kondisi tubuh seperti apakah kita tidak boleh mengonsumsi air kelapa muda? Berikut penjelasannya.

Masalah Ginjal

Bagi Anda yang menderita gangguan ginjal disarankan tidak banyak mengonsumsi air kelapa muda. Air kelapa muda mengandung potasium yang tinggi. Itu bisa membuat kondisi ginjal lebih terbebani.

BACA JUGA:  Bukan Serangan Jantung, Ini Penyebab Lain Nyeri Dada Sebelah Kiri
BACA JUGA:  Kenali Tanda Kekurangan Zat Besi, Cegah dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Penyakit Jantung

Selain tinggi kandungan potasium, air kelapa muda juga mengandung kalium yang tinggi. Yang perlu Anda ketahui bahwa kedua kandungan tersebut pun bisa berdampak buruk bagi penderita jantung.

Ketika Anda mengonsumsi air kelapa muda satu cangkir segar, itubisa memengaruhi kesehatan jantung, karena dalam secangkir itu setidaknya mengandung 252 mg sodium.

Hiperkalemia atau kadar kalium dalam darah yang tinggi dapat memicu perubahan irama jantung. Jadi, sebaiknya bagi Anda yang menderita penyakit jantung, hindari mengonsumsi air kelapa muda ya.

Sebelum dan Sesudah Operasi

Jika Anda akan atau sudah menjalani operasi, jangan dulu mengonsumsi air kelapa muda. Pasalnya, air kelapa dapat mengganggu kontrol tekanan darah selama dan setelah pembedahan.

BACA JUGA:  Kenali Tanda Kekurangan Zat Besi, Cegah dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Anda bisa menghentikan penggunaan air kelapa setidaknya dua minggu sebelum atau sesudah jadwal operasi.

BACA JUGA:  Ini Daftar Makanan dan Minuman Penghilang Bau Mulut

Iritasi Usus

Penting Anda ketahui terutama bagi penderita iritasi usus bahwa air kelapa memiliki efek laxative yang bisa berbahaya bagi seseorang dengan penderita tersebut.

Efek laxative membuat air kelapa memiliki fungsi sebagai pencahar alami sehingga tidak direkomendasikan bagi penderita iritasi usus.

Ketika Mengonsumsi Obat-obatan

Untuk kondisi yang satu ini, sebagian orang sudah mengetahuinya. Ya, bagi Anda yang tengah mengonsumsi obat-obatan tertentu, tidak direkomendasikan meminum air kelapa muda. Dalam hal ini, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mengenai konsumsi air kelapa muda.

Itulah beberapa kondisi tubuh yang tidak disarankan untuk mengonsumsi air kelapa muda. Nah, jika Anda termasuk salah satunya, sebaiknya jangan mengonsumsinya ya kalau tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:  Konsumsi Buah-buahan Ini untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebaliknya, bagi Anda yang tidak memiliki masalah atau tubuh Anda tidak dalam kondisi yang disebutkan di atas, tidak masalah jika mengonsumsi air kelapa muda karena berkhasiat baik bagi tubuh. (R004/Tasya)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles