Hadiri Rakor Pembentukan Laskar Santri Jawa Barat, Ini Pesan Kiai Maman Jelang Pilpres 2024

Hadiri Rakor Pembentukan Laskar Santri Jawa Barat
Kiai Maman Imanul Haq saat menghadiri Rakor Pembentukan Laskar Santri Jawa Barat di Cirebon, Jawa Barat, Minggu (19/11/2023). */ruber.id

BERITA POLITIK, ruber.id – Kiai Maman Imanul Haq, Pembina Nasional Laskar Santri Anies-Muhaimin (AMIN), turut serta dalam rapat koordinasi (Rakor) pembentukan Laskar Santri AMIN di Provinsi Jawa Barat.

Tujuan dari laskar ini, untuk mengonsolidasi potensi anak muda santri di perkotaan dan perkampungan guna mendukung kemenangan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) di Pilpres 2024.

Maman Imanul Haq menjelaskan, pembentukan Laskar Santri ini merespons dorongan dari santri-santri yang ingin aktif dalam mendukung Anies-Muhaimin.

“Dengan adanya Laskar Santri, para santri memiliki wadah untuk bersatu dalam perjuangan memenangkan pasangan AMIN.”

“Inisiatif ini, didasarkan pada aspirasi yang positif dari para santri,” kata Kiai Maman usai Rakor di Cirebon, Jawa Barat, Minggu, 19 November 2023.

Baca juga:  Ketua KPU Kota Banjar: Relawan Demokrasi Layaknya Nabi

Kiai Maman menekankan, Laskar Santri bertujuan mengonsolidasi relawan yang berasal dari pesantren, majelis taklim, dan aktivis masjid di seluruh Indonesia.

Fokus utamanya, yakni memanfaatkan potensi suara dari lingkaran tersebut untuk meraih kemenangan Anies-Muhaimin.

Sebagai seorang Kandidat Doktor dari Universitas Nahdhatul Ulama Indonesia (Unusia) Jakarta, Kiai Maman menyoroti potensi besar anak muda santri.

Ia menegaskan, pentingnya peran santri dalam mengawal Tempat Pemungutan Suara (TPS) baik di perkotaan maupun di perkampungan.

“Saatnya para santri mengawal TPS, terutama di desa-desa yang didominasi oleh anak muda. Mereka memiliki peran kunci dalam proses pemilihan,” ujar Kiai Maman.

Ketika ditanya mengenai rencana Laskar Santri di seluruh Indonesia, Kiai Maman menyatakan, para santri perlu mendapatkan pembekalan untuk menghadapi berbagai persoalan saat mengawasi TPS.

Baca juga:  [Prediksi] PDI Perjuangan Borong Kursi, Ini 40 Caleg Pangandaran yang Bakal Duduk di Parlemen

Ini, melibatkan orientasi kepada anak muda dan santri di kampung serta pesantren untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran, transparansi, dan keadilan dalam proses demokrasi.

Antusiasme Santri dan Anak Muda di Jawa Barat

Pengurus Laskar AMIN Jawa Barat, Kiai Asep Mumin Hakim (Gus Mumin), menunjukkan antusiasme besar dari para santri dan anak muda yang bergabung dalam Laskar Santri Jawa Barat.

Pendaftaran terus dibuka dengan harapan, partisipasi mereka akan menjadi energi positif untuk meraih kemenangan Anies-Muhaimin di Jawa Barat.

Rapat Koordinasi Pembentukan Laskar Santri kabupaten/kota se-Jawa Barat diakhiri dengan ziarah ke makam Pangeran Santri Raden Kusumah Dinata (Alm 1505-1579).

Ziarah ini, dipimpin oleh KH Enzam Abd Matin, Tasikmalaya. Hadir pula sejumlah pengurus Laskar Amin Jabar seperti Kiai Abdul Lafif, Kiai Asep Mumin Hakim, Kiai Amin, dan KH. Enjang. Para peserta menyempatkan diri untuk berdoa dan berzikir.