21.4 C
Indonesia
Kamis, September 23, 2021
spot_img

Eksekusi Lahan Tol Cisumdawu di Jatinangor Sumedang

BERITA SUMEDANG, ruber.id – Eksekusi lahan untuk pembebasan Tol Cisumdawu di Desa Cilayung, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang melibatkan ratusan personel gabungan, Jumat (6/8/2021).

Pelibatan personel gabungan dari Kodim 0610/Sumedang, Polres Sumedang, dan Satpol PP Sumedang ini bertujuan untuk mengamankan jalannya eksekusi lahan di Seksi I Tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu) di wilayah desa tersebut.

PN Sumedang Eksekusi Lahan Tol Cisumdawu

Namun, saat eksekusi lahan, pemilik lahan tidak hadir di lokasi. Sehingga proses eksekusi berjalan lancar tanpa hambatan maupun perlawanan dari pihak pemohon atau pemilik lahan.

Panitera Pengadilan Negeri (PN) Sumedang Hadi Riyanto mengatakan, pihaknya telah menyampaikan teguran kepada pemilik lahan. Namun, hingga batas waktu yang telah ditentukan, pemilik 9 bidang tanah di Desa Cilayung ini tidak mengindahkan teguran PN Sumedang.

BACA JUGA:  Jambore Fotografi Nasional Bakal Digelar di Sumedang, Kesempatan Nih Buat Branding Besar-besaran!
BACA JUGA:  Nikmatnya Kopi Sumedang Manjakan Atlet Paralayang Dunia

“Alhamdulillah proses eksekusi ini berjalan lancar. Kami ucapkan terima kasih kepada Kodim, Polres, dan Satpol PP yang telah membantu proses pengosongan lahan di sini,” ucap Hadi.

Hadi menjelaskan, lahan yang dieksekusi mencakup 9 bidang, dengan luas lahan lebih dari 6 hektare. Dengan nilai ganti rugi mencapai Rp300 miliar.

Sekda Sumedang Herman Suryatman menyatakan, Pemkab Sumedang mendukung upaya percepatan pembangunan Tol Cisumdawu sepanjang 60 kilometer.

“Kami mendukung akselerasi proyek strategis nasional Tol Cisudawu ini. Pemerintah daerah siap membantu pemerintah pusat. Namun juga tetap mengedepankan penyelesaian apa yang menjadi hak warga terdampak di wilayah Sumedang ini,” jelasnya.

Konstruksi Tol Cisumdawu Selesai Desember 2021

Sementara, Pgs PPK Pengadaan Tanah Tol Cisumdawu dan Soreang Pasirkoja, Sutrianto YHS menuturkan, pembebasan lahan untuk Tol Cisumdawu di Seksi I dan II ini tinggal 2%.

BACA JUGA:  Pameran IT, Bupati Dony Soroti Percepatan Transformasi Digital
BACA JUGA:  Gagal Nyalip di Depan Asia Plaza Sumedang, Piktor Tewas Terlindas Truk

Seksi I sendiri mencakup wilayah Cileunyi, Kabupaten Bandung dan Rancakalong, Sumedang. Sedangkan Seksi II, mencakup wilayah Ciherang-Sumedang kota.

“Untuk pembebasan lahan, kami targetkan Agustus selesai. Sehingga pembangunan konstruksinya bisa cepat dilaksanakan dan pada Desember nanti, kontrsuksi tol di seksi I dan II ini bisa selesai,” tuturnya. (R003)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles