Dinkes Sumedang Gencar Sosialisasikan Program Gema Cermat Lewat Metode Da Gu Si Bu

SUMEDANG, ruber — Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang saat ini tengah menyosialisasikan Gerakan Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat). Ini menjadi salah satu program pemerintah daerah.

BACA JUGA: Dinkes Sumedang Kaget, Rekomendasi Dinas Sosial untuk BPJS Kesehatan Sudah Tak Berlaku

Program tersebut merupakan upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar.

Sosialisasi dilakukan melalui rangkaian kegiatan. Tujuannya, untuk mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam penggunaan obat.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Sumedang Ida Marlaida menerangkan, program Gema Cermat didasari kurangnya pemahaman masyarakat dalam memilih, mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat dengan benar.

“Selain itu juga karena ada penggunaan obat antibiotik yang tidak tepat dapat memicu resistensi.”

Baca juga:  Untuk Keamanan, Dinkes Sumedang Setop Peredaran Ranitidine

“Serta penggunaan obat bebas dan obat bebas terbatas tanpa informasi dan supervisi dari tenaga kesehatan,” ujarnya kepada ruber, Jumat (8/2/2019).

Ida juga menerangkan, tujuan dari program Gema Cermat. Di antaranya meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara benar.

Juga, meningkatkan kemandirian dan perubahan perilaku masyarakat dalam memilih, mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat secara benar.

“Lalu, dengan program ini dapat meningkatkan penggunaan obat secara rasional juga,” sebut Ida.

Dinkes juga memiliki strategi khusus dalam menjalankan program Gema Cermat. Yaitu melalui metode Da Gu Si Bu.

“Yakni Dapatkan obat dengan benar (Da), Gunakan obat dengan benar (Gu), Simpan obat dengan benar (Si) dan Buang obat dengan benar (Bu),” jelasnya. bay

loading…