Friday, 3 Apr 2020

Besok, KPU Pangandaran Siap Terima Penyerahan Berkas Calon Perseorangan

Baca Juga

Aneh, Bikin Heboh! Air Sumur Artesis di Sumedang Kota Rasa Asin

Aneh, Bikin Heboh! Air Sumur Artesis di Sumedang Kota Rasa Asin SUMEDANG, ruber.id - Bikin aneh! Inilah yang dirasakan warga RT 04/06, Lingkungan Cipeuteuy Baru,...

Mie Gratis dari Sedaap Disambut Antusias Ratusan Warga

Mie Gratis dari Sedaap Disambut Antusias Ratusan Warga TASIK KOTA, ruber.id -- Program Mie Sedaap Gratis yang diadakan Wings Food di lingkungan RW 10 Kelurahan...

Perkembangan Wisata Jatigede Lamban, Menpar Dorong Pemkab Sumedang Segera Ajukan KEK Pariwisata

SUMEDANG, ruber -- Menteri Pariwisata Arif Yahya mengharapkan Pemkab Sumedang segera menjadikan Jatigede sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Dengan begitu, pembangunan pariwisata Jatigede dapat...

Puluhan Aktivis HMI Geruduk Gedung DPRD Kota Banjar

Puluhan Aktivis HMI Geruduk Gedung DPRD Kota Banjar KOTA BANJAR, ruber.id -- Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menggeruduk Gedung Dewan Perwakilan...

PANGANDARAN, ruber.id — KPU Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, telah melakukan persiapan terkait penyerahan berkas dukungan bakal calon bupati dan wakil bupati perseorangan, Senin (17/2/2020).

Ketua KPU Pangandaran Muhtadin mengatakan, dalam setiap tahapan Pilkada 2020 pihaknya memastikan akan terus melakukan rapat koordinasi bersama stakeholder.

Selain itu, kata Muhtadin, KPU Pangandaran terus menyosialisasikan tahapan dan jadwal penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon jalur perseorangan.

Terlebih, sejak 7 Februari 2020 pihaknya telah menerima surat mandat Liaison Officer (LO) narahubung dari calon bupati dan wakil bupati yang akan maju dari jalur perseorangan (Supratman dan Ardi Subarkah).

Kemudian, penyerahan syarat dukungan dimulai 19 Februari hingga 23 Februari mendatang. Untuk batas waktu akhir, penerimaan sampai jam 24.00 WIB.

KPU Pangandaran mengharapkan tidak ada lagi dokumen dukungan yang menyusul setelah jam 24.00 WIB.

Muhtadin menuturkan, batas akhir penyerahan syarat dukungan tidak hanya dilihat dari kehadiran fisik bakal paslon perseorangan dan tim pemenangan.

Namun, kata Muhtadin, batas akhir itu juga berlaku untuk berkas atau dokumen yang akan diserahkan paslon.

Muhtadin menegaskan, untuk syarat dukungan minimal bagi paslon perseorangan di Kabupaten Pangandaran sebanyak 27.211 dukungan.

Dari jumlah dukungan tersebut harus tersebar di 6 kecamatan yang ada di Kabupaten Pangandaran.

Muhtadin menjelaskan, untuk syarat pencalonan dan bakal calon perseorangan butuh proses yang panjang, karena harus dimulai dengan penyerahan dukungan.

Proses tersebut dilakukan melalui verifikasi administrasi dan verifikasi faktual, nantinya rekapitulasi itu untuk memutuskan para calon ke tahap selanjutnya.

Muhtadin menerangkan, bagi calon perseorangan yang ingin maju dalam Pilkada 2020 harus menyerahkan 5 dokumen.

Di antaranya mandat; pakta integritas; dokumen B1 KWK Perseorangan; dokumen B.1.1-KWK Perseorangan; dan Formulir Model B.2-KWK Perseorangan Rekapitulasi.

Dokumen B1 KWK Perseorangan adalah surat pernyataan dukungan masing-masing pendukung yang ditempel dengan fotocopy e-KTP atau surat keterangan.

Sementara, kata Muhtadin, dokumen B.1.1-KWK Perseorangan itu rekapitulasi untuk kelurahan. Sedangkan B.2 KWK Perseorangan adalah rekapitulasi tingkat kecamatan. (R002/dede ihsan)

Loading...

Komentar

loading...
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Warga Tertimbun Longsor di Purwakarta Ditemukan Tewas

PURWAKARTA, ruber.id - Warga tertimbun longsoran jembatan di Purwakarta, Jawa Barat ditemukan tewas, Jumat (3/4/2020) sore Menurut informasi terbaru,...

Menaker Minta Pengusaha Bayar THR Lebaran Tepat Waktu, Telat? Ini Dendanya

NASIONAL, ruber.id - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah meminta pengusaha di Indonesia tepat waktu membayar THR Lebaran. Jika terlambat, Menaker...

Alfamart di Ciamis Dijarah, Bawa Kabur Uang Rp20 Juta, Pelaku Lari ke Arah Banjar

CIAMIS, ruber.id - Sekolompok orang tak dikenal beraksi di Alfamart Nagrak, di Jalan Jenderal Sudirman 246. Tepatnya di wilayah...

Jembatan Longsor di Purwakarta, 6 Warga Terimbun

PURWAKARTA, ruber.id - Bencana longsor menerjang Desa Cijunti, Kecamatan Campaka, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (3/4/2020) sore sekitar jam 15.00 WIB.

Tangani COVID-19, DPRD Pangandaran Geser Rp2.2 Miliar Anggaran Reses dan Bimtek

PANGANDARAN, ruber.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat sepakat menggeser anggaran dua kegiatan untuk penanggulangan virus Corona (COVID-19).