Banjir Bandang Cimanggung Sumedang, 1 Tewas, Satu Lainnya dalam Pencarian

Banjir Bandang Cimanggung Sumedang, 1 Tewas, Satu Lainnya dalam Pencarian

BERITA SUMEDANG.ruber.id – Banjir bandang yang terjadi di Dusun Cisurupan, Desa Sawahdadap, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang pada Sabtu, 17 Desember 2022 sore, menyebabkan dua warga hilang.

Kedua warga yang dilaporkan hilang terseret banjir bandang diketahui bernama Syifa, 15; dan Dini, 40; warga Dusun Cisurupan RT 01/05, Desa Sawahdadap, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Syifa, ditemukan tim SAR gabungan pada Minggu (18/12/2022) pagi dalam keadaan tewas. Sedangkan Dini, hingga kini masih dalam pencarian.

Kasi Humas Polres Sumedang AKP Dedi Juhana mengungkapkan, dari dua orang yang dikabarkan hilang, satu di antaranya sudah ditemukan.

Korban yang ditemukan, diketahui bernama Syifa dan ditemukan tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal dunia.

Baca juga:  Ribuan Warga Sumedang Sudah Dites Swab dan Rapid, 2 Pasien Positif Corona Masih Dirawat Intensif

“Dari tadi malam, personel Polres Sumedang bergabung bersama tim SAR gabungan untuk melakukan penyisiran dan evakuasi warga terjebak banjir bandang,” jelasnya.

Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Sumedang Atang Sutarno mengatakan, akibat banjir bandang yang terjadi ini 276 jiwa dari 86 kepala keluarga (KK) harus mengungsi.

“Total tersebut terdiri dari 86 balita, 35 anak-anak, 15 lansia, dan 195 warga usia produktif,” jelasnya.

Banjir bandang terjadi akibat hujan deras dengan intensitas tinggi dan lama. Sejak Sabtu siang.

Sehingga, menyebabkan air Sungai Cimande meluap dan menyebabkan banjir bandang yang menerjang Dusun Cisurupan, Sawahdadap, Cimanggung, Sumedang.