SPORTS  

Balap Gokart Listrik Pertama di Indonesia Segera Digelar di Sirkuit EV PUPR Bandung

Balap Gokart Listrik Pertama di Indonesia
R025/ruber.id

SPORTS, ruber.id – Pada 15–17 Desember 2023, Indonesia akan menyelenggarakan Balap Gokart Listrik pertama dengan tema Electric Karting Race 2023 di Sirkuit EV PUPR, Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

Pengumuman resmi ini disampaikan dalam Press Conference Pre-Event Electric Karting Race 2023, Rabu, 29 November 2023.

Ketua Penyelenggara, Yudi Herdiana, menyatakan, acara ini merupakan hasil kerjasama sinergis antara Kementerian PUPR, IMI (Ikatan Motor Indonesia), PT PLN Persero, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Selain menjadi ajang kompetisi, Electric Karting Race 2023 juga dianggap sebagai percontohan teknologi jalan.

Dengan lintasan sepanjang 1 kilometer dan lebar 6-8 meter, menggunakan inovasi konstruksi seperti aspal porous, aspal karet, timbunan ringan, dan aspal dari limbah plastik.

Baca juga:  Atalia Ridwan Kamil Dorong 11 Daerah Bentuk Pokja PAUD

Sebanyak 20 pembalap akan berpartisipasi dalam tiga kelas, yaitu Junior, Senior, dan Expert, bersaing untuk memperebutkan hadiah total Rp9.5 juta.

“Acara ini tidak hanya tentang balapan, tetapi juga menampilkan bazar dan hiburan dengan kehadiran bintang tamu Passband,” kata Yudi.

Rencananya, Balap Gokart Listrik ini akan dibuka langsung Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan hal ini menandai dukungan penuh pemerintah terhadap perkembangan motorsport berkelanjutan.

Menurut Kabid Olahraga R4 IMI Jabar, Fredy Rostiawan, setelah dua tahun pengembangan, event ini menemukan formula yang tepat untuk menghadirkan GoKart bertenaga listrik sesuai regulasi IMI.

Dapur pacu QSMotor dengan tenaga baterai 72 volt 45 KW, akan dipasang di unit gokart yang dimiliki oleh 20 peserta yang akan tampil dalam 3 kelas lomba. Yaitu, kelas Junior, Senior, dan Expert.

Baca juga:  Melalui Gerakan Gen Aktif, BenihBaik Bersama PKK dan Disdik Jabar Dorong Remaja Bangun Gaya Hidup Sehat dan Kreatif

“Electric Karting Race 2023 diharapkan tidak hanya menjadi panggung bagi kompetisi yang sengit. Tetapi juga, sebagai ajang untuk mendukung inovasi dan kesadaran akan teknologi ramah lingkungan di dunia motorsport,” kata Fredy.