Rabu, 12 Agu 2020

Badan Kehormatan DPRD Pangandaran Segera Bahas Laporan Etik Anggota Dewan

Baca Juga

Jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Harga Komoditas di Pangandaran Mulai Merangkak

Jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Harga Komoditas di Pangandaran Mulai Merangkak PANGANDARAN, ruber.id -- Harga sejumlah kebutuhan pangan di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat,...

Ratusan Muslimat NU Pangandaran Berangkat Menuju Stadion GBK

PANGANDARAN, ruber - Ratusan warga NU dari Kabupaten Pangandaran berangkat menuju Jakarta untuk meghadiri Hari Lahir (Harlah) Muslimat NU ke-73 di Stadion Gelora Bung...

Update COVID-19 Kota Tasikmalaya: Pasien Positif Corona Tinggal 3, Reaktif Rapid Test 24 Orang

TASIKMALAYA, ruber.id - Kabar baik, 1 pasien positif COVID-19 di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat dinyatakan sembuh, Kamis (18/6/2020). Sehingga,...

Sejak Diterjang Longsor 2016, Pemkab Garut Belum Perbaiki Irigasi di Cikajang

Sejak Diterjang Longsor 2016, Pemkab Garut Belum Perbaiki Irigasi di Cikajang GARUT, ruber.id -- Sejak diterjang longsor pada tahun 2016, irigasi teknis (permanen) di Kampung...

PANGANDARAN, ruber.id – Badan Kehormatan (BK) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat segera membahas soal aduan masyarakat terhadap seorang anggota dewan.

Ketua BK DPRD Pangandaran Ucup Supriatna mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti aduan masyarakat terhadap salah seorang anggota dewan dari Fraksi Golkar sesuai pelaporan.

Diketahui, beberapa waktu lalu DPRD menerima aduan dari beberapa pihak atas adanya anggota dewan yang membubarkan tempat karantina pemudik di Kecamatan Cimerak.

BACA JUGA: Tempat Isolasi Khusus Dibubarkan Oknum Anggota DPRD Pangandaran

“Dalam laporan itu terdapat dua pelanggaran, yakni kode etik dan hukum. Mungkin kami hanya bisa menangani kode etiknya saja, kalau hukumnya kan ranah kepolisian,” katanya, Selasa (16/6/2020).

Sementara, dalam mengeluarkan keputusan pihaknya berupaya untuk tidak keluar dari koridornya, dengan melihat azas keadilan.

“Langkah awal kami adalah melakukan pemanggilan terhadap pelapor, saksi-saksi, terlapor dan melakukan investigasi ke lapangan. Karena, terlapor berhak pembelaan,” tuturnya.

Setelah mendapatkan keputusan nanti, apakah itu pelanggaran berat atau ringan, maka BK akan mengajukannya ke pimpinan DPRD.

“Kalau ringan, sanksinya berupa teguran lisan atau tulisan. Pelanggaran berat, diberhentikan dari AKD dan bisa juga diberhentikan sementara dari keanggotaan di DPRD,” ujarnya.

Kemudian, kata Ucup, hal tersebut nantinya akan dibahas dalam rapat paripurna untuk menjadi keputusan DPRD.

Ucup menambahkan, BK telah menggelar beberapa agenda pascaterbentuk dan disahkan pekan lalu, Senin (8/6/2020).

BACA JUGA: BK DPRD Pangandaran Resmi Terbentuk, Ini Identitas Ketua dan Anggotanya

“Kami bersama anggota sudah membahas tata tertib dan tata beracara, lalu akan diusulkan ke pimpinan DPRD,” tambahnya.

Laporan soal aduan masyarakat itu, kata Ucup, sebelum BK terbentuk. Namun, memo sudah masuk.

Maka, pihaknya berkewajiban untuk menindaklanjuti sesuai yang diatur dalam tata beracara.

Artinya, kata Ucup, BK yang lama masih berlaku, tata tertibnya juga masih berlaku, hanya saja ada beberapa hal yang diubah. (R002/dede ihsan)

BACA JUGA: Bubarkan Karantina Pemudik, Anggota DPRD Pangandaran Dipolisikan

Komentar

loading...

Artikel Terbaru

Tips Memilih Gadget Terbaik Sesuai Kebutuhan, Simak!

GADGET, ruber.id - Saat ini perangkat elektronik dan teknologi telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Dengan begitu banyak gadget keren yang bermunculan...

Pasien Positif Corona di Sumedang Sembuh 2, Nambah 1 dari Cibugel

SUMEDANG, ruber.id - Pasien positif virus corona di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat yang masih dalam perawatan berkurang 1, Selasa (11/8/2020).

Forum Pemuda Pangandaran Segera Membedah Kebijakan Pembangunan Daerah

PANGANDARAN, ruber.id - Forum Pemuda Pangandaran akan menggelar diskusi mengenai kebijakan pembangunan daerah di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Segera Diputuskan, Sekolah Tatap Muka di Pangandaran Dimulai Jenjang SD dan SMP

PANGANDARAN, ruber.id - Pemkab Pangandaran, Jawa Barat belum dapat menentukan waktu dimulainya pembelajaran tatap muka di sekolah. Meski demikian, skema belajar siswa...

Hasil Europa League: Man Utd dan Inter Melaju ke Semi Final

SPORT, ruber.id - Manchester United dan Inter Milan melaju ke babak semi final Uefa Europa League (UEL) 2020. Pada...