Apel Siaga Pilkades Serentak, Wabup Sumedang: Berlakulah Adil dan Tetap Jaga Stamina

  • Bagikan
Apel Siaga Pilkades Serentak Di Sumedang
Wabup Sumedang H Erwan Setiawan cek siapan personel keamanan jelang Pilkades serentak pada Rabu (27/10/2021). Humas Pemkab Sumedang/ruber.id

BERITA SUMEDANG, ruber.id – Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan memimpin Apel Siaga Pengamanan Tahap Pemungutan Suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak. Tahun 2021 tingkat Kabupaten Sumedang di Alun-Alun Sumedang, Senin (25/10/2021).

Unsur Forkopimda, Sekda Sumedang Herman Suryatman, para kepala OPD, unsur TNI, Polri, Kesbangpol, PMI, dan Linmas mengikuti apel siaga Pilkades serentak ini.

Erwan berpesan, apel gelar pasukan ini menjadi representasi kesiapsiagaan semua pihak. Guna menjamin keamanan, ketertiban dan kelancaran Pilkades serentak di Sumedang, pada Rabu (27/10/2021).

Di mana, 89 desa se Kabupaten Sumedang akan melaksanakan Pilkades serentak ini.

“Mengingat begitu penting dan strategisnya Pilkades serentak ini. Maka kita semua turut bergerak untuk mengawal, menjaga dan mengamankan pelaksanaannya. Melalui pengerahan personel keamanan dari berbagai unsur,” katanya.

Baca juga:  Kenang Jasa Ipda Erwin, Kapolres Sumedang Instruksikan Seluruh Polsek Pasang Bendera Setengah Tiang

Erwan menjelaskan, pelaksanaan Pilkades di tengah Pandemi Covid-19 menuntut adanya persiapan yang lebih matang.

Selain itu, koordinasi yang lebih baik khususnya terkait penerapan protokol kesehatan dalam setiap tahapan.

Menurutnya, kedisiplinan panitia, pemilih, dan peserta dalam mematuhi protokol kesehatan harus menjadi hal paling utama agar tidak timbul klaster baru pasca-Pilkades serentak.

“Kesiapan dan kesungguhan para petugas kemanan sebagai jaminan lancarnya Pilkades baik saat pemungutan suara maupun saat hasil akhir pemungutan suara,” ucapnya.

Erwan optimistis, dengan dukungan semua pihak, pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Sumedang akan berjalan dengan aman, damai, tertib, dan sukses tanpa ekses.

Erwan mengimbau kepada seluruh personel dapat memetakan kerawanan potensi di tiap desa penyelenggara Pilkades serentak.

Baca juga:  Api di Tungku Sebabkan 2 Rumah di Tanjungsari Sumedang Ludes Terbakar

Sehingga, sambung Erwan, kerawanan yang mungkin timbul bisa teratasi sejak dini.

“Jika muncul potensi konflik, segera selesaikan dengan baik dan berjenjang sesuai prosedur dan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

Erwan juga berpesan kepada para petugas, yaitu personel pengamanan untuk bersikap netral dan tidak memihak salah satu calon.

Memberikan pelayanan terbaik dan perlakuan adil kepada seluruh calon, dan selalu menjaga stamina dan kebugaran.

“Mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi, dan cuaca yang sering berubah-ubah, jaga stamina dan kebugaran.”

“Jalin komunikasi, kekompakkan dan solidaritas dalam bekerja. Laksanakan tugas ini dengan penuh semangat, disiplin, tulus dan ikhlas agar bernilai ibadah,” sebutnya.

Penulis/Editor: R003

  • Bagikan