Anggaran Pembangunan Mapolres Pangandaran Senilai Rp25 Miliar, Bupati Jeje: Senang Sekali

Peletakan batu pertama pembangunan Mapolres Pangandaran. ist

BERITA PANGANDARAN – Markas Kepolisian Resor atau Mapolres Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, segera dibangun. Anggaran pembangunan itu bersumber dari APBN senilai Rp25 miliar.

Mapolres itu rencananya akan dibangun di Dusun Kedungrejo, Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Tanah itu merupakan hibah yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus meletakkan batu pertama pembangunan Mapolres didampingi langsung Bupati Jeje Wiradinata, Kapolres Pangandaran AKBP Imara dan Dandim 0625 Pangandaran Letkol Arm Yusuf Andrianto pada Rabu 12 Juni 2024.

“Pembangunan Mapolres beserta barak Dalmas di atas lahan hibah dari Pemkab ini seluas 5 hektare dengan status hak guna pakai,” kata Wiyagus.

Baca juga:  Pemkab Pangandaran Ajukan 502 Formasi CPNS dan P3K

Menurutnya, pembangunan Mapolres Pangandaran itu luas bangunannya 3.300 m2. Dan anggarannya bersumber dari APBN melalui Dipa Polri dalam hal ini Polda Jabar tahun 2024 dengan nilai total sebesar Rp25 miliar.

“Gedung Mapolres Pangandaran rencananya akan dibangun dua lantai. Selain itu akan ada pembangunan barak Dalmas dengan menggunakan anggaran Dipa Polri senilai kurang lebih Rp6,4 miliar dengan luas lahan 1.000 m2 untuk 2 lantai,” tuturnya.

Wiyagus menerangkan, pembangunan ditargetkan rampung 180 hari kalender periode waktu 29 Mei hingga 24 November 2024. Dibangun dengan modern dan ramah lingkungan serta fasilitasnya.

“Adanya Mapolres Pangandaran diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dalam melaksanakan tugas serta memberikan rasa aman, nyaman bagi masyarakat di Kabupaten Pangandaran,” terangnya.

Baca juga:  Hindari Serangan Hama, Petani Pangandaran Panen

Pihaknya meyakini, jika berkat kerjasama semua pihak pembangunan Mapolres dan barak Dalmas ini akan segera rampung. Dan berharap dapat diselesaikan dengan waktu yang sudah ditentukan.

Berharap Rampung Diakhir Masa Jabatan Bupati Jeje

Sementara itu, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyampaikan, pihaknya sangat senang sekali di akhir masa jabatannya Mapolres Pangandaran akan segera dibangun.

“Semoga saja bisa rampung sebelum saya selesai menjabat sebagai bupati. Membantu proses pembangunan Mapolres ini merupakan tanggungjawab sebagai kepala daerah,” kata Jeje.

Jeje menyebutkan, pihaknya ingin tetap memberikan yang terbaik sebagai pertanggungjawaban kepada masyarakat setelah hal yang fundamen bisa melengkapi dan menyempurnakan satu konsep pelayanan kepada masyarakat Pangandaran.

Baca juga:  Soal Buaya di Pantai Timur Pangandaran, Ini Kata BKSDA

“Setelah gedung rumah sakit dan pendidikan, keamanan dan kenyamanan akan semakin baik di Pangandaran. Insyaallah kami juga Pemkab ikut memberikan sumbangsih. Gedung Mapolres Pangandaran akan dibangun berbeda dengan mapolres-mapolres lainnya,” sebutnya.