Bakal Telan Anggaran Rp5,8 Miliar, Bangunan dan Fasilitas SD Negeri 1 Babakan Pangandaran akan Luar Biasa

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata saat sosialisasi revitalisasi Gedung SD Negeri 1 Babakan. ist

BERITA PANGANDARAN – Rencana pembangunan SD Negeri 1 Babakan di Kecamatan/Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, akan menelan anggaran sekitar Rp5,8 miliar. Nantinya, bangunan dan fasilitas di sekolah tersebut bakal menjadi yang terbaik se kabupaten.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, revitalisasi SD tersebut dilakukan untuk meningkatkan sarana dan prasarana sekolah serta kualitas mutu pendidikan.

“Nantinya, sekolah ini akan luar biasa bagus. Bukan sekedar bangunannya, tapi juga fasilitasnya,” kata Jeje saat sosialisasi revitalisasi Gedung SD Negeri 1 Babakan Pangandaran, Rabu 18 September 2024.

Jeje menuturkan, pembangunan SD Negeri 1 Babakan ini akan menelan anggaran sekitar Rp5,8 miliar. Namun pihaknya merasa kurang dengan anggaran sebesar itu.

“Mungkin anggarannya nanti cari tambahan lagi. Kami tidak ingin setengah-setengah, harus luar biasa. Ingin sekolah ini dilengkapi fasilitas perpustakaan, mushola dan ruang terbuka hijau yang bagus,” tuturnya.

Baca juga:  MTs Negeri 1 Pangandaran Bakal Dipindahkan

Jeje menerangkan, selama proses pembangunan kegiatan pembelajaran akan dilaksanakan sementara di sebuah bangunan tak jauh dari lokasi lama.

Pihaknya mengakui selama dua periode kepemimpinannya, Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Pangandaran lebih fokus pada pembangunan fisik bangunan sekolah.

“Bisa dilihat, hampir 90% bangunan sekolah di Kabupaten Pangandaran sudah bagus. Sekarang tinggal meningkatkan kualitas pendidikan bagi siswa termasuk guru-gurunya,” terangnya.

Sementara, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Pangandaran Iyus Surya Drajat membenarkan, bahwa SD Negeri 1 Babakan akan menjadi sekolah percontohan dan dibangun jadi luar biasa.

Menurutnya, selain bangunannya bagus, sarana dan prasarana penunjangnya juga akan dilengkapi. Sehingga mutu pendidikan peserta didik akan meningkat dan lebih maju.

Baca juga:  Pangandaran Daerah Rawan Bencana, BNPB Gelar Bimtek

“Nantinya akan dilakukan digitalisasi di sekolah ini. Sehingga dapat terpantau dan terkoneksi langsung dengan UPI Bandung,” kata Iyus.