EKBIS  

Penipu Gunakan Berbagai Platform Identik dengan Bank bjb, Kenali Modus dan Cara Menghindarinya

Modus Penipu Mengatasnamakan Bank bjb

BERITA BISNIS, ruber.id – Modus penipuan dengan mengatasnamakan bank bjb marak terjadi. Biasanya, para pelaku beraksi dengan berbagai cara.

Perbuatan seperti ini jelas merupakan bentuk kejahatan yang kelompok maupun pribadi lakukan demi mendapat keuntungan semata.

Modus para pelaku, menghubungi calon korban dengan berpura-pura sebagai petugas bank bjb.

Setelah mendapatkan akses rekening tabungan milik korbannya, para pelaku biasanya mulai meraup keuntungan.

Ketika menghubungi lewat telepon, para pelaku menggunakan nomor telepon palsu. Sekilas, nomor pelaku penipuan ini mirip dengan nomor resmi dari bank bjb.

Tujuan dari penipu tak lain supaya calon korbannya yang kurang berhati-hati, akan terperdaya.

Tidak hanya melalui saluran telepon, para pelaku juga niat banget dengan membuat akun palsu bank bjb.

Termasuk, menggunakan platform aplikasi WhatsApp hingga memasang iklan yang bertujuan untuk memperdayai korban.

Baca juga:  Ini Alasan Pemerintah Naikkan Harga Ayam Jelang Lebaran

Salah satu platform yang penipu gunakan untuk memperdayai korbannya yaitu situs: nomorcallcenter.wordpress.com, dengan mengatasnamakan LAYANAN24JAM.bjbcall.

Para nasabah bank bjb, harus lebih berhati-hati dengan modus penipuan ini. Sehingga nasabah tidak sampai tertipu.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto menyebutkan, bank bjb telah melakukan upaya antisipasi bagi nasabah.

Sehingga dapat terhindar dari modus penipuan yang mengatasnamakan bank bjb seperti ini.

Bank bjb, kata Widi, telah memiliki sejumlah channel komunikasi yang dapat nasabah akes selama 24 jam penuh.

Akses tersebut termasuk di antaranya adalah call center resmi bank bjb pada nomor 14049.

“Call center resmi bank bjb tersebut dapat nasabah akses 24 jam. Selain dari pada nomor imi, nasabah perlu mewaspada terhadap pihak lain yang mengatasnamakan bank bjb,” kata Widi. Dalam siaran pers yang ruber.id terima, Jumat (10/12/2021).

Baca juga:  bank bjb Jalin Rangkaian Kerja Sama dengan Yayasan Kartika Eka Paksi

Widi menjelaskan, ada sejumlah hal yang juga perlu nasabah perhatikan. Supaya dapat terhindar dari modus penipuan yang mengatasnamakan bank bjb.

Pertama, memastikan informasi yang nasabah terima terkait bank bjb harus berasal dari channel komunikasi resmi perusahaan.

Adapun, channel komunikasi resmi bank bjb, selain call center 14049 sebagai berikut:

  • Email Resmi untuk informasi dan Pengaduan Nasabah bank bjb: [email protected];
  • Akun media sosial resmi bank bjb: Instagram @bankbjb, Twitter @infobankbjb, dan Facebook bank bjb;
  • Akun media sosial bank bjb Official adalah akun verified yang bercentang biru Website Resmi bank bjb
  • Situs resmi: ttps://www.bankbjb.co.id.

“Nasabah juga kami imbau untuk tidak pernah memberikan informasi data rahasia kepada siapa dan pihak mana pun,” jelas Widi.

Baca juga:  Sukses Lewati Rintangan Pertama, Bandung bjb Tandamata Tetap Berbenah

Informasi-informasi bersifat rahasia meliputi:

  • Nomor PIN (Personal Identification Number);
  • User ID;
  • Kode OTP (One Time Password);
  • User ID;
  • Kode Akses dan informasi juga nomor;
  • Card Verification Value (CVV); dan
  • Tanggal kedaluarsa (expire date) kartu.

“Informasi rahasia di atas jangan nasabah berikan kepada pihak manapun,” kata Widi.

Widi mengatakan, bank bjb tidak pernah meminta informasi data rahasia ini. Melalui sarana media elektronik yang tidak aman.

Bahkan, lanjut Widi, bank bjb selalu menjadikan kemanan data nasabah sebagai prioritas.

“Bank bjb, saat ini telah menerapkan anti-fraud management system. Untuk menjamin kemanan dan kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi digital di bank bjb,” ujar Widi.

Penulis/Editor: R003