Dishub Sumedang: Realisasi Retribusi Parkir Berlangganan Naik Signifikan 2 Bulan Terakhir

Parkir Berlangganan di Sumedang
Sekretaris Dishub Sumedang Atang Sutarno. dodi/ruber.id

BERITA SUMEDANG, ruber.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumedang mengklaim realisasi pendapatan daerah dari retribusi parkir berlangganan. Mengalami peningkatan cukup signifikan pada bulan Oktober hingga awal November 2021.

Di mana, per 6 November 2021 ini realisasinya telah menembus angka Rp932.520.000.

Sekretaris Dishub Sumedang Atang Sutarno menyebutkan, realisasi yang cukup signifikan ini tidak terlepas dari terobosan demi terobosan yang saat ini berjalan. Seperti jemput bola langsung ke lapangan.

“Jadi dalam melakukan retribusi parkir berlanganan saat ini, tidak hanya mengandalkan loket pembayaran di kantor Samsat.”

“Tapi, petugas dari Dishub (Sumedang) langsung turun ke lapangan. Seperti ke OPD, kecamatan bahkan tingkat desa,” jelas Atang, Senin (8/11/2021).

Baca juga:  Sumedang Raih Opini WTP 7 Kali, Bupati: Masih Ada Temuan yang Harus Ditindaklanjuti

Sejauh ini, lanjut Atang, bila melihat dari realisasi retribusi parkir sudah terealisasi sekitar 9,32%. Dari beban target Rp10 miliar pada anggaran murni.

Dan sekitar 18,64% bila melihat dari beban target anggaran perubahan sebesar Rp5 miliar.

Atang mengakui, adanya peningkatan realisasi retribusi parkir berlangganan ini tentunya tidak terlepas dari bimbingan bupati, wakil bupati, sekda dan partisipasi aktif masyarakat.

Atang menyatakan, pada tahun pertama penerapan parkir berlangganan ini, memang banyak kendala yang jajaran Dishub Sumedang hadapi.

Seperti adanya pandemi Covid-19 yang menjadi kendala bagi jajaran Dishub Sumedang dalam menerapkan parkir berlangganan.

Selain itu, belum semua lapisan masyarakat paham akan parkir berlangganan.

Bahkan, di tingkat lapangan masih juga ada petugas parkir yang meminta atau menerima parkir dari masyarakat. Sekalipun mereka telah membayar parkir berlangganan.

Baca juga:  Gugus Tugas COVID-19 Sumedang Dapat Predikat Great Performance, Ini Rahasianya

“Atas kejadian ini, kami jajaran Dishub berharap partisipasi dari masyarakat dengan memberikan informasi bila masih menemukan adanya hal yang demikian di lapangan,” ucapnya.

Atang menjelaskan, dalam upaya meningkatkan pendapatan dari sektor ini, saat ini pihak Dishub Sumedang juga akan terus bekerja keras guna mencapai pendapatan yang lebih tinggi.

Sementara, untuk juru parkir sendiri, pihaknya akan senantiasa terus melakukan pembinaan.

Supaya ke depan, para juru parkir dapat memberikan pelayanan yang baik bagi para pelangggan.

“Mohon doa dan dukungannya, mudah-mudahan ke depan, di tahun kedua, pelaksanaan parkir berlangganan capaiannya bisa sesuai target.”

“Sehingga dapat memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sumedang,” jelasnya.

Baca juga:  Pemkab Sumedang Akan Bangun Pusat Pemerintahan di Ujungjaya

Penulis: Dodi/Editor: R003