4 Keuntungan Menggunakan API WhatsApp Business

  • Bagikan
API WhatsApp Business

BERITA TEKNO, ruber.id – WhatsApp menjadi saluran sosial nomor satu di dunia dan telah mengubah cara mereka terlibat dengan konsumen sepanjang perjalanannya. Salah satunya, dalam pengembangan API WhtasApp Business.

Berikut adalah empat alasan mengapa API WhatsApp Business mampu menawarkan perdagangan percakapan yang optimal dan memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa.

Sejak meluncur pada tahun 2009, WhatsApp telah membantu merevolusi cara kita berkomunikasi satu sama lain.

Dengan lebih dari dua miliar pengguna aktif bulanan di 180 negara mengirim 100 juta pesan sehari, itu terus mengungguli semua saluran sosial lainnya.

Jangkauan luas ini baru-baru ini meluas ke ruang komersial dengan kedatangan API WhatsApp Business untuk bisnis kecil dan, yang paling penting, API WhatsApp Business tingkat perusahaan pada tahun 2018.

Maju cepat ke 2021, dan 175 juta orang sekarang mengirim pesan ke akun WhatsApp Business setiap hari.

Penyerapan dramatis seperti itu berarti aplikasi sosial telah menjadi saluran utama bagi merek yang ingin terhubung dengan pelanggan di platform yang sudah mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Itu mungkin tidak mengejutkan. Lagi pula, penelitian menunjukkan bahwa 75% orang dewasa ingin mengirim pesan ke bisnis dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan dengan teman dan keluarga.

Mengapa WhatsApp beresonansi dengan pelanggan yang menuntut pengalaman digital yang lebih baik pelanggan lebih memilih bisnis perpesanan melalui WhatsApp? Dari pada solusi komunikasi alternatif karena apa yang saluran sosial tawarkan. Alasannya sebagai berikut.

Koneksi yang Lebih Dalam
Sebanyak 64% pengguna WhatsApp setuju bahwa saluran sosial mendorong koneksi pribadi ke bisnis.

Kepercayaan yang Lebih Besar
Sebanyak 71% merasa lebih percaya diri tentang bisnis setelah mengirim pesan di WhatsApp.

Komunikasi Lebih Mudah
Sebanyak 68% mengatakan WhatsApp adalah metode termudah untuk menghubungi perusahaan.

Bagaimana Empat Kekuatan Utama Whatsapp Mengubah Perjalanan Pelanggan

API WhatsApp Business menawarkan empat keuntungan untuk membantu perusahaan melayani pelanggan dari atas ke bawah dan seterusnya.

Memperkuat Percakapan

Sementara WhatsApp sangat ideal untuk layanan pelanggan praktis seperti mengirimkan pemberitahuan dan peringatan.

Kekuatan sebenarnya terletak pada kemampuannya untuk memungkinkan merek dengan mudah terlibat dalam interaksi dua arah secara real-time.

Ini sangat penting di dunia di mana perdagangan percakapan dengan cepat menjadi norma.

Konsumen sekarang berharap dapat dengan mudah terhubung dan mengobrol dengan agen langsung untuk mendapatkan produk, layanan, dan pengalaman pelanggan yang mereka inginkan.

Ingatlah juga bahwa 80% dari pembelanja sering mengklasifikasi sendiri hanya akan berbelanja dengan merek yang mempersonalisasi pengalaman mereka.

Harapan lain yang khusus terancang untuk WhatsApp Business tangani.

Misalnya, perusahaan dapat mempersonalisasi konten pesan ke setiap konsumen dengan atribut seperti nama mereka, riwayat pembelian mereka, dan lokasi mereka termasuk negara dan kota.

Lebih baik lagi, perusahaan dapat menilai seberapa baik kinerja strategi personalisasi mereka.

Karena, WhatsApp menyediakan data yang andal tentang pengiriman pesan dan kecepatan baca yang sangat penting.

Yang terpenting, fungsionalitas personalisasi yang kuat seperti itu mudah terakses.

Proses WhatsApp yang sederhana ini memungkinkan merek untuk melewati nomor panjang.

Atau kode pendek dan menghindari pembatasan oleh peraturan telekomunikasi khusus negara.

Sebagai gantinya, perusahaan dapat mengaktifkan akun mereka dengan satu nomor telepon khusus sebelum membuat profil bisnis resmi bermerek lengkap dan menambahkan informasi inti.

Seperti email atau kontak telepon, tautan media sosial, alamat toko, URL situs web, dan banyak lagi.

Mengamankan Pesan

Keamanan tingkat perusahaan membentuk pilar penting dari API WhatsApp Business.

Misalnya, WhatsApp memverifikasi semua detail akun bisnis sebelum aktivasi.

Ketika pelanggan memilih untuk menggunakan komunikasi berbasis WhatsApp dengan sebuah merek, mereka tahu bahwa mereka sedang berbicara dengan perusahaan asli, bukan penipu.

Bisnis juga tahu bahwa pelanggan adalah yang sebenarnya, berkat autentikasi dua faktor bawaan WhatsApp.

Untuk memberikan ketenangan pikiran tambahan kepada pelanggan tentang privasi dan data mereka, WhatsApp menghadirkan enkripsi ujung ke ujung pada semua perpesanan.

Bahkan, platform sosial itu sendiri tidak dapat membaca atau mendekripsi konten apa pun yang pebisnis dan pelanggan bagikan.

Terakhir, keikutsertaan resmi yang pelanggan perlukan untuk mulai berbicara dengan merek memastikan komunikasi WhatsApp perusahaan sesuai dengan GDPR.

Ini melindungi perusahaan dari pelanggaran peraturan yang, jika terlanggar, dapat menyebabkan kerugian finansial dan reputasi yang signifikan.

Transformasi Pemasaran

Dari tombol klik untuk mengobrol dan percakapan yang memungkinkan konsumen segera mulai mengobrol dengan merek hingga menyebarkan pesan siaran dalam kampanye pemasaran digital.

WhatsApp menawarkan peluang nyata bagi pemasar untuk terlibat dengan prospek.

Misalnya, perpesanan non-transaksional yang baru-baru ini WhatsApp Business tawarkan, memungkinkan pemasaran untuk mengirim pesan kepada pelanggan yang ikut serta di luar jendela dukungan resmi.

Sebelumnya, merek hanya dapat mengirim pesan kepada pelanggan sebagai tanggapan atas pertanyaan spesifik mereka dalam jendela 24 jam.

Selama konten tepat waktu dan relevan, pesan non-transaksional menawarkan format baru yang vital dan kuat untuk melibatkan, menghibur, dan menggairahkan prospek.

Selain itu, memperdalam hubungan dengan pelanggan yang ada melalui penawaran, produk, layanan, hingga acara yang tertarget.

Menguasai Integrasi

Jika tidak dapat sepenuhnya terintegrasi dengan sistem perusahaan yang ada, solusi CX yang paling canggih pun berisiko menjadi tidak efisien, bahkan berlebihan.

Itulah sebabnya banyak merek memilih untuk bekerja sama dengan penyedia API WhatsApp Business resmi untuk merencanakan, menerapkan, dan meluncurkan solusi WhatsApp mereka.

Misalnya, tyntec menawarkan dua opsi integrasi yang fleksibel untuk dipilih oleh kliennya.

Dua Opsi Integrasi

API Percakapan
API tyntec mengintegrasikan saluran sosial secara mulus dengan sistem perusahaan yang ada. Termasuk, CRM dan platform perdagangan terkemuka.

Ini memungkinkan semua data pelanggan yang ada, seperti pembelian sebelumnya, untuk dilihat oleh agen langsung selama interaksi apa pun.

Kemudian, memungkinkan mereka untuk memberikan layanan yang benar-benar personal.

Yang penting, setiap informasi konsumen dari percakapan secara otomatis terumpan kembali ke CRM. Sehingga semua saluran tetap sinkron.

Kotak Masuk Dukungan
Klien dapat fokus untuk membuat percakapan saluran lebih mudah, untuk tim agen langsung yang lebih besar menggunakan solusi Kotak Masuk Dukungan tyntec.

Platform yang mudah pakai dan intuitif ini memungkinkan merek untuk:

  1. Jawab pertanyaan pelanggan dari saluran yang terhubung semuanya dari satu tempat;
  2. Interkoneksi beberapa agen dan bot langsung untuk manajemen pelanggan yang optimal;
  3. Atur agen langsung ke dalam grup yang berbeda tergantung pada kriteria yang terpilih;
  4. Tetapkan percakapan langsung ke spesialis yang relevan;
  5. Buat daftar pelanggan pilihan yang tertarget dalam hitungan detik untuk pesan siaran;
  6. Menyebarkan balasan otomatis yang singkronasi dengan jam kerja masing-masing saluran.

Rute mana pun yang terpilih oleh sebuah merek, menghadirkan penyedia resmi memastikan mereka dapat fokus hanya untuk memanfaatkan potensi besar WhatsApp.

Tanpa perlu menghabiskan waktu, uang, dan sumber daya untuk menerapkan dan mengintegrasikan saluran sosial untuk diri mereka sendiri.

Dengan memanfaatkan empat kekuatan utama WhatsApp, merek dapat membuka potensi besar saluran sosial untuk terlibat dengan dan melayani konsumen di setiap tahap perjalanan mereka.

Apakah itu di sektor ritel/e-commerce, layanan keuangan/asuransi, perjalanan, atau utilitas.

Dengan kemampuannya untuk atur, pelihara, dan optimasi dengan mudah. Merek dapat menikmati akses ke solusi yang membanggakan fungsionalitas superior dari pada komunikasi tradisional.

Semuanya terdukung oleh infrastruktur yang aman dan sesuai dengan GDPR.

Pada akhirnya, ini membuat perusahaan melanjutkan apa yang sudah mereka kuasai. Yaitu menempa hubungan dengan konsumen dengan menawarkan pengalaman pelanggan yang luar biasa.

Demikian ulasan artikel yang kami buat terkiat 4 keuntungan menggunakan API WhtasApp Business. Semoga bermanfaat.

Penulis/Editor: Bam

  • Bagikan