2020, Pangandaran Bakal Bangun Alun-alun Megah

PENAMPAKAN rencana Alun-alun Pangandaran

2020, Pangandaran Bakal Bangun Alun-alun Megah

PANGANDARAN, ruber.id — Infrastruktur kantor berbagai dinas dan Alun-alun Pangandaran akan dibangun pada Tahun 2020 mendatang di Desa Cintakarya dan lebih representatif.

Pembangunan fisik perkantoran berbagai dinas dilingkup Pemkab Pangandaran serta fasilitas penunjang lainnya akan berpusat di Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Selain membangunan kompleks kantor pemerintahan juga akan dibangun Alun-alun megah yang merupakan bagian dari Program Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang sedang ‘ngabret’.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, pembangunan Alun-alun menjadi sebuah ruang publik yang mengakomodir kebutuhan masyarakat, institusi, maupun pemerintah daerah dengan memperhatikan kultur, pilosofi, potensi serta karakter kawasan.

“Di sisi lain ini sesuai dengan visi Kabupaten Pangandaran sebagai tujuan wisata berkelas dunia. Pembangunan di Tahun 2020 itu besaran anggarannya sekitar Rp18 Miliar,” katanya usai rapat Paripurna di Aula Gedung DPRD Pangandaran, Selasa (26/11/2019).

Baca juga:  Tim Penyelesaian Kerugian Daerah di Pangandaran Belum Bekerja Maksimal

Jeje menyebutkan, di Alun-alun Pangandaran ini nantinya terdapat beberapa penunjang, mulai pintu masuk (entrance) utama; pelataran upacara; taman kecil; dan taman bermain.

“Selain itu ada area hijau; pelataran pandang; lapangan olahraga; entrance parkir mobil (dibawah lapangan olahraga); food court; UMKM; Amphitheater; dan tempat parkir kendaraan dengan kapasitas 80 kendaraan,” sebutnya.

PENAMPAKAN rencana Alun-alun Pangandaran dari udara

Area parkir, kata Jeje, disediakan di semi basement yang diletakkan di bawah pelataran upacara. Penempatannya memanfaatkan perbedaan ketinggian tapak.

AREA UPACARA
Area ini dapat dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan formal pemerintahan atau untuk kegiatan massal lainnya. Ketika dibutuhkan ruangan ini bisa membesar ke sisi utara dan selatan.

KORSI RAFLESIA
Tersebar di sisi utara dan selatan Alun-alun Pangandaran, sisi utara dan selatan ini merupakan bagian dari area utama Alun-alun dengan skala ruang yang lebih kecil, korsi ini seperti Bunga Raflesia Padma dan merupakan bunga khas Pangandaran yang berbunga sekali dalam satu tahun.

Baca juga:  BMKG Rilis Pangandaran Berpotensi Terjadi Gelombang Tinggi

Bunga ini menjadi salah satu symbol kabupaten, korsi Raflesia adalah salah satu elemen taman yang mengangkat kekhasan dan kekayaan alam Pangandaran.

Area pandang dan shelter dengan corak honje, honje sendiri banyak ditemukan di Pangandaran. Honje, atau Kecombrang (Etlingera elatior) adalah sejenis tumbuhan rempah yang banyak ditemukan di Pangandaran.

Tumbuhan tahunan ini berbentuk terna yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran.

TAMAN BACA, RUANG DISPLAY
Ruang baca berada di bawah pelataran pandang dan dapat dicapai pelataran UMKM maupun dari basement.

DECK PANDANG
Alun-alun Pangandaran dapat melihat pemandangan pantai Pangandaran dan panggung kesenian. Dek ini merupakan area antara lapangan upacara yang formal dan area amphitheatre yang lebih dinamis dan santai.

Baca juga:  Berkunjung ke Sagati di Pangandaran, Kokok Ayam Sambut Atalia Praratya Kamil

AREA UMKM
Area ini diperuntukan untuk mewadahi dan mengelola para usaha kecil dan menengah yang akan berjualan makanan dan cenderamata di area Alun-alun.

Di area ini pengunjung dapat mencicipi makanan atau membeli cenderamata produk masyarakat lokal. Area UMKM diperuntukan untuk menunjang parkir kendaraan bermotor.

AREA UNTUK PLAYGROUND
Selain itu, disediakan juga area bermain anak yang dilengkapi dengan permainan-permainan menarik dan modern, serta kelengkapan pengamanan yang baik.

AMPHITHEATER
Area ini berbentuk punggung penyu Pangandaran dan menjadi area untuk pentas kesenian dan acara budaya. Konsep amphitheatre dengan area duduk yang dinamis memungkinkan pengunjung dan wisatawan untuk menonton sambil piknik di area hijau rumput yang menghadap ke arah panggung. dede ihsan