Thursday, 2 Apr 2020

Warga Diminta Tidak Panik dengan Virus Corona

Baca Juga

Innalillahi, Penyadap Nira Ditemukan Tersangkut di Sungai Ciputrahaji Ciamis

BANJARANYAR, ruber.id - Wasno, 30, penyadap nira tewas tersangkut di Sungai Ciputrahaji, Ciamis, Minggu (1/3/2020) sekitar jam 10.00 WIB.

Delapan Kecamatan di Ciamis Dilanda Krisis Air Bersih

CIAMIS, ruber.id - Kemarau berkepanjangan melanda Kabupaten Ciamis. Krisis air bersih pun terus meluas. Saat ini, berdasarkan data yang ada di BPBD Ciamis, sebanyak delapan...

Meriahkan HUT ke 74 RI, Pemdes Sukahurip Ciamis Gelar Liga Sepakbola Anak

CIAMIS, ruber -- Dalam rangka memeriahkan HUT ke 74 RI, Pemdes Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis menggandeng Karang Taruna Generasi menggelar turnamen Sepakbola anak...

Personel Motekar KB di Pangandaran Belum Merata

PANGANDARAN, ruber --  Kesadaran pria untuk menjadi peserta KB di Kabupaten tergolong rendah. Hal itu dilatarbelakangi belum meratanya personil motivator ketahanan keluarga (Motekar) KB...

Ilustrasi virus corona. Foto: kompas.com/ ruber.id

Warga Diminta Tidak Panik dengan Virus Corona

KOTA BANDUNG, ruber.id — Dunia tengah diteror dengan keberadaan virus baru, yaitu corona.

Virus asal Cina ini pertama kali muncul dari wilayah Wuhan dan disebut telah menyebar cepat oleh Pemerintah Cina.

Keberadaan virus ini diantisipasi pemerintah melalui pemasangan detektor suhu panas di pintu-pintu masuk ke Indonesia.

Di Kota Bandung, Jawa Barat, Dinkes Kota Bandung mengimbau warga untuk tidak panik. Namun, harus tetap mewaspadai virus mematikan ini.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kota Bandung Rosye Arisdiani Apip menyebutkan, jika ada yang baru bepergian ke daerah endemik yaitu Kota Wuhan, Cina, tidak perlu panik.

“Tapi harus tetap waspada,” kata Rosye.

Rosye mendorong, jika ada warga yang baru pulang dari Wuhan, Cina, dan mengalami demam dalam kurun waktu 14 hari agar segera memeriksakan kesehatannya. Baik di Puskesmas maupun rumah sakit.

Warga juga harus menceritakan kepada petugas kesehatan tentang riwayat perjalanannya itu.

“Terapkan etika batuk, dengan menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk dengan menggunakan sapu tangan atau tisu.”

“Gunakan masker, jika menderita sakit dengan gejala infeksi saluran napas, dan cuci tangan setelah batuh atau bersin,” terangnya.

Rosye meminta warga agar menjaga pola hidup bersih dan sehat. Cara termudahnya, dengan mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun.

Setelah itu, bilas selama 20 detik, jika tidak tersedia air, dapat menggunakan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol 70%-80%.

“Harus bersama menjaga lingkungan agar bebas dari sampah. Menggunakan sumber air bersih untuk kebutuhan aktivitas keseharian,” sebutnya.

Rosye menekankan, langkah deteksi dini terhadap penyebaran virus corona di Kota Bandung sudah dilakukan.

Salah satunya, kata Rosye, dengan pemasangan pendeteksi suhu tubuh di Bandara Husein Sastranegara, sebagai pintu masuk ke Kota Bandung dari penerbangan internasional.

“Di Bandara Husein Sastranegara, saat ini sudah ada thermal sensor untuk mendeteksi peningkatan suhu pada penumpang internasional yang masuk ke Kota Bandung,” ujar Rosye. (R005)

Baca berita lainnya: Cegah Kebakaran, Mang Oded Ajak Warga Kota Bandung Cek Berkala Instalasi Listrik

Loading...

Komentar

loading...
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Lagi, Dua Pasien Dalam Pengawasan Corona di Garut Meninggal Dunia

GARUT, ruber.id - Dua Pasien Dalam Pengawasan COVID-19 di Kabupaten Garut, Jawa Barat meninggal dunia, Kamis (2/4/2020). Pusat Informasi...

Hujan Deras Terjang Ciamis: Pohon Tumbang di Rumdin Wabup, Longsor dan Petir Menyambar Rumah Warga

CIAMIS, ruber.id - Hujan deras menerjang Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (2/4/2020) sore. Akibatnya, bencana alam terjadi di sejumlah titik wilayah di...

Total Positif Hasil Rapid Test Jadi 11 Orang, Warga Terdampak Corona di Sumedang Dapat Bantuan Sosial

SUMEDANG, ruber.id - Hasil rapid test sebelas warga Kabupaten Sumedang positif COVID-19, Kamis (2/4/2020) jam 16.00 WIB. Bupati Sumedang...

FMKKS Sumedang: Dana BOS Bisa Digunakan untuk Pencegahan Corona

SUMEDANG, ruber.id - Pandemi corona membuat berbagai kegiatan dan penyelenggaraan pendidikan yang bersumber dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tidak dapat dilaksanakan.

Awasi Pemudik dari Zona Merah, 93 Kades di Pangandaran Diminta Laporkan Data Perantau

PANGANDARAN, ruber.id - Derasnya arus mudik dari zona merah COVID-19 dikhawatirkan akan memperluas penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus Corona.