20.4 C
Indonesia
Senin, September 27, 2021
spot_img

Wakili Warga Pangandaran, Bupati Jeje Kecam Ridwan Saidi

PANGANDARAN, ruber.id — Dalam acara Safari Budaya ‘Ngariksa Jagat Nguriling Nagri ka Tepis Wiring’, Bupati Kabupaten Pangandaran Jeje Wiradinata mengecam keras pernyataan budayawan Ridwan Saidi.

Jeje menyampaikan, atas nama masyarakat Pangandaran yang pernah menjadi bagian dari Kabupaten Ciamis mengaku sangat kecewa dengan pernyataan Ridwan Saidi.

“Ridwan Saidi menyebut di Ciamis tidak ada kerajaan dan mengartikan Galuh itu brutal,” katanya di Lapang Surawangsa Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran, Minggu (16/2/2020) malam ini.

Jeje menuturkan, kegiatan safari budaya merupakan upaya pemerintah daerah untuk memberi kesempatan kepada pelaku seni di tiap kecamatan dengan menampilkan potensinya.

BACA JUGA:  Hendra Sukarman: Yang Pantas Laporkan Ridwan Saidi Itu Keturunan Raja Galuh

Terlebih, ditampilkannya berbagai kesenian pada malam ini sebagai bentuk perlawanan sekaligus membuktikan bahwa seni budaya warisan leluhur itu masih lestari.

BACA JUGA:  Elemen Tatar Galuh Tantang Ridwan Saidi: Kami Tunggu 2x24 Jam Datang ke Ciamis

Bahkan, kata Jeje, pemerintah daerah akan berupaya membantu pelaku seni agar lebih layak tampil dengan maksimal.

Pantauan ruber.id di lapangan, Bupati Jeje didaulat ke pangggung dan berdialog dengan seorang Sinden Ronggeng Esah, 60, yang telah menggeluti seni sejak puluhan tahun.

Meski diguyur hujan ringan, ribuan masyarakat tetap bertahan di lapangan menyaksikan pertunjukan Safari Budaya Bupati Pangandaran.

Adapun berbagai kesenian yang ditampikan, di antaranya Ronggeng Gunung; Pencak Silat; Wayang Golek.

BACA JUGA:  Warga Kawali Tunggu Kong Ridwan Saidi di Ciamis, Siap Ngasih Ongkos

Kemudian Tari Modern; Kosidah; Kacapi Guyon; Puisi Jang Galuh; Ronggeng Amen dan Tari Bambangan Cakil. (R002/dede ihsan)

BERITA TERKAIT: Budayawan Unjuk Rasa Kecam Ridwan Saidi, Ini yang Akan Dilakukan Bupati Ciamis

BACA JUGA:  Menurut Ahli Bahasa, Ocehan Ridwan Saidi soal Galuh Bisa Dipidanakan

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles