Sukseskan Pilkada 2020, Insan Juara Pangandaran Gelar Deklarasi Melawan Hoax

Insan juara pangandaran ruber id
INSAN Juara Pangandaran deklarasi melawan hoax menjelang Pilkada 2020. smf/ruber.id

PANGANDARAN, ruber.id – Komunitas Insan Juara Pangandaran menggelar deklarasi melawan hoax demi suksesnya Pilkada 2020 di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Jumat (13/3/2020) di Kafe Bamboo Bayu, Kampung Turis.

Ketua Insan Juara Kabupaten Pangandaran Ai Nanan Handayani mengatakan, salah satu tantangan bagi komponen masyarakat di era digital saat ini adalah memilih informasi yang benar dan akurat.

Selain itu, kata Ai, peran jurnalis pun harus mampu menyajikan berita yang dapat menangkal aneka berita hoax serta provokatif.

Di mana, penyebarannya sangat cepat melalui berbagai media, terutama di flatform media sosial.

Maka dari itu, pihaknya berharap di era digital ini jangan sampai dimanfaatkan para pengguna media sosial yang tidak bertanggungjawab untuk menyebarkan informasi atau berita bohong.

Baca juga:  Di Objek Wisata Pangandaran, Pengunjung Diminta Patuhi Prokes

Adapun beberapa kelompok yang hadir dan diberikan pemahaman, di antaranya Kelompok Pedagang Pasar, Satgas Jaga Leuweung, Komunitas Tik Tok, Organisasi Kepemudaan dan sejumlah LSM.

Di tempat yang sama, anggota DPRD Kabupaten Pangandaran Hamdan meminta, kepada seluruh masyarakat untuk bijak dalam menggunakan media sosial.

Apalagi menjelang pesta demokrasi ini masyarakat rentan menyalahgunakan media sosial.

Parahnya lagi, dampak dari informasi hoax itu bakal memecah belah persatuan dan kerukunan dalam kehidupan di masyarakat.

Ke depan, pihaknya berharap Insan Juara Pangandaran ini menjadi pelopor penangkal hoax, terutama menjelang dan saat pelaksanaan Pilkada yang diselenggarakan pada 23 September mendatang. (R001/smf)