20.4 C
Indonesia
Senin, September 27, 2021
spot_img

Saat Terserang Diare, Konsumsi Makanan Ini agar Lekas Pulih

ruber.id — Ketika Anda terkena diare, tentunya badan akan terasa lemas.

Tentu saja, karena kandungan mineral dalam tubuh berkurang sehingga mengakibatkan kita kekurangan cairan atau dehidrasi.

Biasanya, kondisi ini dapat sembuh dalam 2 hari. Tapi tak jarang bisa juga berlangsung lebih dari 3 hari dan itu sedikitnya mengganggu aktivitas Anda.

Sebagian dari Anda pastinya memilih untuk meminum obat diare medis. Apalagi apabila diare yang Anda alami tidak terlalu parah.

Namun, Anda perlu tahu bahwa selain mengonsumsi obat, asupan makanan juga harus diperhatikan untuk membantu memulihkan kondisi tubuh.

BACA JUGA:  Konsumsi Rutin Makanan Sehat Ini Bisa Mencegah Kanker Paru

Lalu, makanan apa saja yang tepat dan baik dikonsunsi saat diare Melansir dari Hellosehat.com, berikut makanan yang tepat untuk penderita diare.

BACA JUGA:  Awas! Ibu Hamil Jangan Lakukan Perawatan Kecantikan Ini

BACA JUGA: Hati-hati Bahaya Junk Food, Obesitas hingga Kanker dan Stroke

1. Makanan Berkuah

Saat diare, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Bila cairan tubuh yang hilang tidak segera diganti, dehidrasi yang berujung dengan komplikasi dapat mengancam jiwa.

Untuk mengganti cairan tersebut, Anda bisa memperbanyak minum air. Anda bisa mengganti cairan yang hilang dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air atau berkuah.

Misalnya saja sup kaldu ayam dengan potongan kentang dan wortel, sup tomat, atau sup bayam bening dengan jagung.

BACA JUGA:  Jangan Tidur Saat Rambut Basah! Ini Bahayanya bagi Kesehatan

Kuah yang hangat dapat membantu menenangkan perut yang sedang “rewel” karena terus dilanda mulas akibat diare.

Makanan ini juga memberikan nutrisi lain, seperti karbohidrat, serat, protein, mineral, dan vitamin. Isian makanan ini juga lebih lunak, sehingga lebih mudah dicerna.

BACA JUGA:  Konsumsi Rutin Makanan Sehat Ini Bisa Mencegah Kanker Paru

2. Nasi Putih dan Bubur

Nasi putih termasuk makanan tinggi karbohidrat dengan serat rendah yang cepat dicerna perut tanpa perlu kerja keras.

Mengonsumsi nasi putih juga mampu mengembalikan energi tubuh yang terus lemas saat diare.

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles