oleh

PMI Jabar Gunakan Gunners Semprotkan Disinfektan di Kawasan Wisata Pangandaran

Ayo gunakan hak pilihmu!

PANGANDARAN, ruber.id – Obyek wisata Pantai Pangandaran dan sejumlah fasilitas umum disemprot cairan disinfektan menggunakan kendaraan jenis Gunners milik PMI Jawa Barat, Kamis (18/62020).

Sekretaris PMI Jawa Barat Kombes Pol (Purn) Ruhanda mengatakan, pihaknya mendapat perintah dari pimpinannya untuk melakukan penyemprotan selama dua hari di Pangandaran.

“Lokasi penyemprotan kami serahkan ke pihak yang ada di daerah, baik dari Dinas Pariwisata maupun PMI Pangandaran,” katanya.

PMI Jawa Barat, kata Ruhanda, telah dipercaya dalam melakukan pelayanan upaya pencegahan penyebaran virus Corona dan akan melakukan kegiatan dengan ikhlas.

“Upaya yang dilakukan PMI Jabar juga berkat dukungan PMI di 27 kabupaten/kota. Sebanyak 5.587 lokasi di Jabar sudah kami lakukan penyemprotan,” ujarnya.

Sementara, cairan disinfektan yang telah digunakan sebanyak 166.143 liter dengan jumlah personel 825 orang relawan.

Pelayanan ambulance 72 unit dan penerima manfaat sebanyak 2.415.372 jiwa. Kendaraan (Gunners) itu mampu menampung sebanyak 5.000 liter disinfektan.

Ruhanda menuturkan, pihaknya telah mendapatkan bantuan 27 unit (mobil) Grand Max dan Gunners dari PMI Pusat yang distandbyekan di PMI Jabar.

“Kami selalu berkoordinasi terlebih dahulu dengan PMI kabupaten/kota yang ingin dilakukan penyemprotan, daerah yang meminta secara prioritas akan didorong,” tuturnya.

Sebelum ke Pangandaran, kata Ruhanda, pihaknya melakukan penyemprotan di Subang, Kota/Kabupaten Bandung, Purwakarta, Kota/Kabupaten Sukabumi dan Cianjur.

“Kalau kabupaten/kota yang diback-up langsung oleh pusat, di antaranya Kota Depok, Kabupaten/Kota Bogor dan Kota/Kabupaten Bekasi,” terangnya.

Adapun sasaran penyemprotan itu, yakni lokasi fasilitas umum. Seperti tempat ibadah, pendidikan, kesehatan, bandara, gedung-gedung dan obyek wisata.

“Pangandaran kan sudah membuka obyek wisata, bagi pengunjungnya harus punya surat rapid test, kata bupati juga akan lebih baik jika diback-up dengan penyemprotan,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menambahkan, penyemprotan disinfektan di obyek wisata sangat bermanfaat.

Selain upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19, kata Jeje, kegiatan yang dilakukan PMI Jabar ini untuk meyakinkan kepercayaan pengunjung datang ke Pangandaran.

“Orang akan semakin percaya kalau Pangandaran ini sehat dengan cara wisatawan harus menunjukkan hasil rapid test dan lokasi pun disemprot disinfektan,” sebutnya.

Kegiatan pelepasan kendaraan (Gunners) dihadiri oleh Ketua PMI Pangandaran Ida Nurlaela beserta Sekretaris Dadang Gunawan yang dilaksanakan di depan Gedung PMI. (R002/dede ihsan)

loading...