Petugas Kebersihan di Pangandaran Sangat Penting, Tonton: Mau Beri Uang Minum

Img
KEPALA Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Pangandaran Tonton Guntari. dede/ruber.id

PANGANDARAN, ruber.id — Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, akan mengusulkan ke pemerintah daerah untuk memberikan uang minum kepada petugas kebersihan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan kebersihan Kabupaten Pangandaran Tonton Guntari mengatakan, petugas kebersihan harus diberikan motivasi agar mereka bisa lebih semangat dalam bekerja setiap harinya.

Terlebih, kata Tonton, kebersihan di kawasan pantai itu sangat penting. Pantai yang nyaman akan memberi kesan indah dan menarik.

Apalagi Kabupaten Pangandaran ini sebagai tujuan wisata berkelas dunia.

“Semakin indah suatu pantai, maka akan semakin ramai orang-orang yang berkunjung ke pantai.”

“Percuma saja kan kalau fasilitas bagus, tapi sampah berserakan di mana-mana,” katanya kepada ruber.id di Pantai Barat belum lama ini.

Baca juga:  Kiprah Remaja Kembar Berprestasi asal Pangandaran, Raih Berbagai Penghargaan Berkat Balap Sepeda

Maka, kata Tonton, pihaknya akan mengusulkan ke pemerintah daerah untuk memberikan uang minum senilai Rp10.000/hari bagi petugas kebersihan.

Tonton menuturkan, di kawasan objek wisata Pantai Pangandaran sendiri ada 51 petugas kebersihan yang dikerahkan di 13 zona berbeda.

Mereka, kata Tonton, dituntut untuk menangani sampah di kawasan pantai secara maksimal. Petugas kebersihan itu bekerja dari jam 05.00-10.00 WIB, dilanjutkan dari jam 15.00-18.00 WIB.

Tonton menyebutkan, hingga saat ini jumlah tenaga kebersihan di kawasan wisata terhitung masih cukup untuk mengcover seluruh objek wisata. (R002/dede ihsan)