Program BSMSS Kodim 0613/Ciamis Bangun Jalan di Pangandaran

BSMSS Kodim 0613/Ciamis
KODIM 0613/Ciamis bangun jalan di Pangandaran melalui program BSMSS. dede/ruber.id

PANGANDARAN, ruber.id – Kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Kodim 0613/Ciamis tahun 2020 akan membangun jalan di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 215 meter dengan lebar 3 meter di Desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak itu dilakukan oleh prajurit TNI berbasis gotong-royong.

Karena, di dalam kegiatan yang diselenggarakan Kodim 0613/Ciamis itu melibatkan masyarakat, Polri dan Pemkab Pangandaran pada setiap pelaksanaannya.

Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani mengatakan, program BSMSS merupakan kegiatan rutin untuk menciptakan kemanunggalan antara TNI dan masyarakat.

Untuk BSMSS tahun 2020 ini, Kodim 0613/Ciamis memfokuskan dua kegiatan di Desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran.

“Dua kegitan pokok, fisik dan non fisik. Fisiknya melakukan pengerasan (pengecoran) jalan, non fisiknya pemberdayaan masyarakat dan kesehatan balita,” kata Dadan, Jumat (28/8/2020).

Baca juga:  Proyek Pembangunan Jalan Lintas Pantai Habiskan Rp37.9 Miliar

Kegiatan itu, kata Dadan, bukan semata diukur dengan banyaknya proyek yang dikerjakan. Namun, sampai sejauh mana peningkatan gairah masyarakat dalam membangun desanya sendiri.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Pangandaran Wawan Kustaman menyampaikan, anggaran kegiatan tersebut berasal dari dua sumber.

“APBD Pangandaran sebesar Rp60 juta dan Rp125 juta bantuan dari Pempov Jabar. Kami mendukung penuh pada kegiatan yang digelar Kodim/0613 Ciamis,” ucapnya.

Wawan berharap, masyarakat bisa mendapatkan manfaat besar dari gerakan prajurit TNI itu. Jika jalan sudah bagus, perekonomian di daerah tersebut pun bakal terangkat. (R002/dede ihsan)

BACA JUGA: BSMSS Ditutup, Pemkab Pangandaran Apresiasi Bhakti TNI