29.4 C
Indonesia
Selasa, September 28, 2021
spot_img

Inilah Penyakit yang Sering Menyerang di Musim Pancaroba, Waspadalah!

ILUSTRASI demam. Di musim pancaroba, seseorang dapat dengan mudah terserang penyakit. net/ruber.id

Inilah Penyakit yang Sering Menyerang di Musim Pancaroba, Waspadalah!

ruber.id — Saat ini musim pancaroba sudah tiba. Ya, musim pancaroba adalah musim peralihan dari satu musim ke musim yang lain.

Ini ditandai dengan angin kencang, hujan yang datang secara tiba-tiba dalam waktu singkat, puting beliung, udara yang terasa panas, serta arah angin yang tidak teratur.

Memasuki musim ini, Anda dituntut untuk ekstra menjaga kesehatan karena banyak penyakit yang mengancam Anda. Berdasarkan informasi yang berhasil ruber.id himpun, salah satu penyakit yang dapat menyerang Anda adalah asma.

Asma terjadi karena saluran udara yang mengalami peradangan. Saat suhu sekitar rendah, udara dingin yang masuk ke saluran udara juga menjadi lebih dingin.

Hal ini diperparah terutama jika Anda melakukan aktivitas berat atau berolahraga di ruang terbuka. Apalagi jika penyakit asma Anda disebabkan serbuk sari, angin kencang, dan badai yang sering terjadi pada saat musim pancaroba, ini dapat memperparah keadaan Anda.

BACA JUGA:  Penyakit Ini Ditandai dengan Demam Naik Turun, Waspadai Sebelum Terlambat!
BACA JUGA:  Penyakit Ini Ditandai dengan Demam Naik Turun, Waspadai Sebelum Terlambat!

Ada studi yang dipublikasikan dalam jurnal Allergy menyatakan bahwa angin terutama saat badai dapat membawa serbuk sari yang terdapat di tanah sehingga menyebabkan banyak penderita asma yang harus mendapat perawatan karena serangan asma.

Ketika musim pancaroba, Anda juga dapat lebih sering merasakan sakit kepala. Tahukah Anda bahwa di musim pancaroba, turunnya tekanan udara, kenaikan tajam kelembapan udara, atau turunnya suhu udara yang tiba-tiba dapat memicu terjadinya sakit kepala terutama migrain.

Sebuah survei yang dilakukan kepada penderita migrain di Amerika, 53% dari mereka menyatakan bahwa salah satu pemicu dari migrain yang mereka derita adalah perubahan cuaca.

Pemicu sakit kepala salah satunya adalah ketidakstabilan komponen kimiawi dalam otak, dan itu dapat dipicu oleh cuaca dingin yang ekstrem atau sinar matahari yang terlalu panas.

BACA JUGA:  Mual Setelah Berolahraga? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Disamping itu, cuaca yang terlalu dingin juga dapat membuat pembuluh darah menyempit sehingga menghambat suplai darah yang menuju ke otak.

Selain itu, penyakit yang paling sering menyerang saat musim pancaroba adalah flu dan pilek.

Meskipun hanya sedikit, penurunan suhu dapat membuat virus penyebab flu berkembang biak lebih cepat.

Sistem imun dapat berubah jika suhu turun sehingga molekul yang berfungsi untuk mendeteksi virus di dalam sel dan memberi perintah pada sel untuk melawan virus menjadi kurang sensitif pada saat suhu dingin.

BACA JUGA:  Ini Daftar Makanan dan Minuman Penghilang Bau Mulut

BACA JUGA: Awas! Jangan Duduk Terlalu Lama saat Bekerja, Ini Dampaknya

Bukan hanya itu, udara dingin juga dapat menghambat kerja protein khusus dalam tubuh yang berfungsi untuk mematikan gen yang berasal dari virus, menghambat penyebaran virus dan membunuh sel yang sudah terinfeksi virus.

Tak hanya itu, apabila Anda merasakan nyeri sendi, bisa jadi itu juga disebabkan musim pancaroba.

BACA JUGA:  Hati-hati Bahaya Junk Food, Obesitas hingga Kanker dan Stroke

Untuk yang satu ini memang belum dapat dibuktikan, namun penurunan tekanan udara dicurigai dapat menyebabkan nyeri sendi. Meski begitu, Anda harus tetap berhati-hati dan menjaga kesehatan.

Berikut tips sehat selama musim pancaroba.

– Bawalah jaket atau jas hujan karena cuaca bisa berubah dengan cepat dari panas menjadi hujan.

– Penuhi kebutuhan gizi Anda sehari-hari agar sistem kekebalan tubuh Anda juga dapat bekerja dengan maksimal untuk melawan penyakit yang masuk.

– Konsumsi vitamin yang cukup terutama vitamin C yang berfungsi menjaga sistem imun. Kandungan vitamin ini dapat Anda temui secara alami di sayur dan buah seperti brokoli, jeruk, pepaya, dan mangga.

BACA JUGA:  Punya Anak Masih Bayi? Hindari Bahan Makanan Ini di Tahun Pertamanya

Itulah beberapa penyakit yang sering menyerang di musim pancaroba. Karena itu, yuk mulai sekarang kita jaga kesehatan agar tak mudah terserang. tasya

Related Articles

1 KOMENTAR

Comments are closed.

- Advertisement -

Latest Articles