21.4 C
Indonesia
Selasa, November 30, 2021

BSMSS Ditutup, Pemkab Pangandaran Apresiasi Bhakti TNI

PENUTUPAN kegiatan BSMSS di Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi

BSMSS Ditutup, Pemkab Pangandaran Apresiasi Bhakti TNI

PANGANDARAN, ruber.id — Kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) TNI AD tahun 2019 di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, resmi ditutup, Kamis (5/12/2019).

Dalam program kegiatan tersebut sejumlah anggota TNI, pemerintah daerah, perangkat desa dan masyarakat setempat telah menyelesaikan pembangunan jalan Cikubang-Ciawi di Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi, sepanjang 200 meter dengan lebar 2.5 meter.

Dandim 0613/Ciamis melalui Pabung Banjar-Pangandaran Mayor Czi Budi A mengatakan, program BSMSS dari tahun ke tahun di wilayah Kabupaten Pangandaran semakin memuaskan.

“Berbagai pembangunan sarana fisik dan non fisik itu dapat mendorong perkembangan desa secara umum, saat ini manfaatnya pun bisa dirasakan oleh masyarakat,” katanya.

BACA JUGA:  Terobosan Bupati Pangandaran, Rekrutmen CPNS Bagi Putra Daerah Dipermudah

Terlebih, kata Budi, untuk mencapai itu semua tentu dengan adanya dukungan penuh dari pemerintah daerah dan elemen masyarakat di Desa Cintakarya.

“Atas nama pimpinan Kodim 0613/Ciamis, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pemerintah daerah, provinsi, elemen masyarakat, serta prajurit TNI yang telah berhasil melaksanakan tugas dengan lancar dan sukses,” ujarnya.

Budi meminta, kebersamaan yang telah terjalin untuk terus dipelihara agar semakin menumbuhkan sikap saling pengertian dan semangat kerjasama antara TNI, pemerintah daerah, serta masyarakat.

“Dengan itu semua, tujuan pembangunan nasional yaitu ‘Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat’ akan benar-benar dapat tercapai,” tuturnya.

Hasil evaluasi terhadap program BSMSS ini, kata Budi, menunjukan hasil yang semakin fositif. Bahkan dapat melebihi pencapaian target kegiatan pokok termasuk dalam efisiensi pembiayaan.

BACA JUGA:  UU Nomor 18/2019 Menguatkan Perhatian Pemerintah Terhadap Pesantren

“Ini semua berkat sinergitas dan kebersamaan dukungan swadaya masyarakat yang sangat tinggi, sehingga kegiatan BSMSS menjadi salah satu program penting dalam konteks pembangunan nasional,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Kabupaten Pangandaran melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan Irwansyah menyampaikan terima kasih kepada Kodim 0613/Ciamis yang telah melaksanakan kegiatan BSMSS di Desa Cintakarya.

“Kegiatan ini merupakan program dari Kodam III/Siliwangi, kemudian turun ke Kodim 0613/Ciamis yang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran,” katanya.

Irwansyah menerangkan, Kabupaten Pangandaran tengah gencar-gencarnya melaksanakan pembangunan infrastruktur yang sedang digenjot untuk mencapai target.

“Ini menjadi salah satu pemicu ke depan akan banyaknya kunjungan wisata datang ke Pangandaran. Saat ini pejalanan dari Bandung dan Jakarta dapat ditempuh beberapa jam saja,” terangnya.

BACA JUGA:  Gedung Pramuka di Pangandaran Dianggarkan Rp4 Miliar

Tak hanya itu, kata Irwansyah, ada beberapa fasilitas penunjang lainnya yang akan membantu wisatawan berlibur ke Pangandaran. Di antaranya area pacu Bandara Nusawiru diperpanjang dan ada peresmian Pelabuhan Nusantara di Bojongsalawe.

“Kemudian proyek pembangunan jalur kereta api Banjar-Pangandaran, sedangkan pada Januari 2020 RSUD Kabupaten Pangandaran akan diresmikan,” sebutnya. dede ihsan

BACA JUGA: Ratusan Prajurit Kodim 0613/Ciamis Ikuti Hanmars di Pangandaran

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles