GADTECH, ruber.id – Lewatlah sudah hari-hari ketika media sosial hanyalah saluran bagi orang untuk berinteraksi dengan orang lain.
Miliaran orang di seluruh dunia menggunakan berbagai platform media sosial.
Mereka menggunakannya untuk menemukan merek, orang, dan konten baru.
Bisnis dapat menggunakannya sebagai peluang untuk mempromosikan merek mereka, memamerkan produk mereka, dan menjangkau audiens target mereka secara efektif.
Selain itu, praktik ini dapat membantu mereka membuka diri ke khalayak yang lebih luas.
Sehingga, membantu mereka meningkatkan kesadaran merek mereka.
Meskipun media sosial dapat berfungsi sebagai saluran yang efektif untuk bisnis, tidak mudah untuk mendapatkan hasil yang diinginkan darinya.
Pertama, Anda harus menguasai seni mengoptimalkan gambar untuk media sosial.
Prosesnya meliputi penggunaan visual yang kreatif, teks yang sempurna, dan konten yang menarik pada waktu yang tepat.
Bisnis yang ingin menggunakan media sosial sebagai saluran yang dapat membantu mereka meningkatkan kesadaran dan loyalitas merek harus bekerja pada faktor-faktor yang disebutkan di atas untuk mendapatkan hasil yang sempurna.
Gambar yang dioptimalkan untuk media sosial dapat menghasilkan keajaiban bagi bisnis Anda.
Mereka tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk membantu Anda muncul di hasil pencarian dan feed di media sosial. Tetapi juga meningkatkan eksposur di berbagai mesin pencari.
Anda hanya perlu mengerjakan beberapa praktik untuk mengoptimalkannya.
Kami telah menyertakan detail tentang praktik ini untuk membantu Anda dalam hal ini.
Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang praktik ini, artikel ini akan sangat membantu Anda. Rincian lebih lanjut diberikan di bawah ini.
Pilih Dimensi dan Rasio Aspek yang Tepat
Banyak bisnis mengabaikan pentingnya memposting gambar dengan dimensi dan rasio aspek yang tepat di platform media sosial dan kemudian membayar harganya. Ini terutama berlaku untuk gambar yang menampilkan teks.
Jika Anda tidak peduli dengan ambang batas yang ditetapkan oleh berbagai platform media sosial terkait dimensi dan rasio aspek, Anda mungkin melihat gambar Anda muncul dengan aneh di umpan pengguna.
Pengguna umumnya tidak suka membuka gambar yang mereka lihat di umpan sampai mereka menganggapnya sangat menarik.
Jika gambar Anda muncul dengan teks terpotong, gambar tersebut mungkin memiliki arti yang berbeda dari gambar Anda, dan merek Anda mungkin mendapatkan ketenaran untuk hal yang tidak berguna.
Cara terbaik untuk menghindari skenario seperti itu adalah memastikan Anda memposting gambar dengan dimensi dan rasio aspek sesuai dengan ambang batas yang ditetapkan platform tertentu.
Platform ini memungkinkan Anda memotong gambar dan memilih rasio aspek sebelum menerbitkannya di media sosial.
Namun, memposting gambar yang sangat sesuai dengan ambang batas platform media sosial tertentu dapat sangat membantu Anda.
Ambil contoh Facebook; gambar dengan 1280 x 720 piksel dan rasio aspek 16:9 dapat bekerja secara fenomenal untuk Anda.
Kompres Foto Ukuran
Meskipun Anda mungkin berpikir untuk memposting gambar HD di media sosial, tidak ada yang salah dengan itu; gambar seperti itu datang dengan ukuran file yang lebih besar yang membuatnya dimuat dengan lambat.
Kecepatan pemuatan gambar yang lambat ini akan membuat pengguna frustrasi, dan mereka akan menyerah untuk menonton gambar yang diposting di pegangan media sosial.
Cara terbaik untuk menghindarinya adalah memilih kompresi gambar.
Namun, bukan berarti Anda harus mengorbankan kualitas gambar dan menampilkan gambar dengan resolusi rendah.
Sebagai gantinya, Anda perlu memikirkan cara yang dapat membantu Anda kompres foto ukuran tanpa terlalu memengaruhi kualitasnya.
Salah satu cara yang sangat efisien untuk melakukannya adalah dengan kompres foto online sebelum mempostingnya di media sosial.
Anda dapat melakukannya dengan menggunakan kompresor gambar online dengan mudah.
Alat ini gratis untuk digunakan dan memungkinkan Anda untuk mengecilkan ukuran foto secara signifikan tanpa terlalu mempengaruhi kualitasnya.
Anda hanya perlu mengunggah gambar atau sekumpulan foto untuk kompresi gambar, yang akan memperkecil ukurannya dengan cepat.
Kemudian, Anda dapat memposting foto-foto ini di platform media sosial dalam bentuk yang dioptimalkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
Anda dapat memilih kualitas kompresi gambar dan beberapa mode untuk kompres foto sesuai dengan kebutuhan Anda.
Pilih Format yang Tepat
Faktor lain yang berperan penting dalam pengoptimalan gambar untuk media sosial adalah pemilihan format yang tepat.
Namun, banyak pemasar digital dan pemilik bisnis tidak terlalu memperhatikan faktor ini dan menyesalinya di kemudian hari.
Perlu disebutkan bahwa Anda tidak dapat menyebut satu format gambar sempurna untuk semua platform media sosial.
Anda harus menggunakan satu sesuai dengan konteks gambar. Ingatlah bahwa tidak semua format cocok untuk semua platform media sosial.
Beberapa platform media sosial hanya menerima format tertentu. Misalnya, format JPG dan PNG didukung oleh Instagram.
Anda tidak dapat menggunakan gambar yang dikodekan dalam gambar TIF atau WebP.
Biasanya Anda akan melihat penggunaan gambar JPG di media sosial.
Namun, jika gambar Anda terdiri dari konten teks, lebih baik memilih gambar PNG karena kompresi file gambar JPG dapat memengaruhi tampilan konten teks pada gambar.
Kesimpulan
Menggunakan gambar yang dioptimalkan di media sosial adalah suatu keharusan jika Anda ingin menjangkau audiens target Anda di media sosial dan meningkatkan kesadaran merek.
Kami telah mengumpulkan detail tentang beberapa praktik yang dapat membantu Anda mengoptimalkan gambar untuk penggunaan media sosial.
Mudah-mudahan, Anda akan mengerjakannya dan meningkatkan jangkauan bisnis Anda melalui media sosial.