Peternak Sapi Bolang Indramayu Gembira, Bupati Nina Berikan Bantuan dan Jalan Baru

Peternak Sapi Bolang Indramayu Gembira
Bupati Indramayu Nina Agustina memberikan bantuan kepada peternak sapi di Bolang. Ist/ruber.id

BERITA INDRAMAYU, ruber.id – Para peternak sapi di Bolang, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu melakukan syukuran atas bantuan yang diberikan oleh Bupati Nina Agustina.

Kegiatan syukuran tersebut digelar di kandang ternak sapi Bolang, Desa Jatisura, dengan dihadiri langsung oleh Bupati Nina, Jumat (20/9/2024).

Acara ini, menjadi simbol penting selesainya pembangunan jalan sepanjang 1,2 kilometer yang menghubungkan area peternakan.

Pembangunan ini, memakan biaya sebesar Rp600 juta, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Indramayu.

Suratno, perwakilan kelompok peternak sapi Bolang, menyampaikan apresiasi kepada Bupati Nina Agustina.

Menurutnya, perhatian sebesar ini terhadap kesejahteraan peternak baru kali ini dirasakan.

Suratno menyoroti betapa bermanfaatnya bantuan tersebut. Terutama, dalam meningkatkan kemudahan akses dan kelancaran aktivitas peternakan.

Baca juga:  Korban Banjir Bandang Sumedang Ditemukan di Indramayu, Polisi Usut Dugaan Alih Fungsi Lahan

Selain pembangunan jalan, peternak juga mengungkapkan kegembiraan atas perbaikan akses menuju kandang sapi yang sebelumnya sulit dilewati. Terutama, pada musim hujan.

Jalan yang kini sudah dicor dan diaspal membuat para peternak lebih nyaman saat menggiring sapi tanpa harus khawatir merusak tanaman padi dan tebu di sekitar area.

Sebagai langkah lanjutan, Bupati Nina berkomitmen penuh untuk mendukung kesejahteraan peternak.

Salah satunya, rencana pengadaan lahan pangonan hasil koordinasi dengan PG Jati Tujuh. Sehingga, peternak tidak lagi perlu menggiring sapi ke lokasi yang jauh.

Untuk proyek tersebut, Bupati Nina mengalokasikan anggaran sebesar Rp150 juta, dan tambahan Rp10 juta untuk pembangunan balai dusun guna mendukung aktivitas petani dan peternak di daerah itu.

Baca juga:  Promo Rp77 bank bjb di Pesta Jajanan Dermayu Diserbu Warga

Jangkau Pasar yang Lebih Luas

Dalam sambutannya, Bupati Nina berharap, kesejahteraan para peternak terus meningkat dan produksi sapi Bolang dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

“Semoga Indramayu semakin maju, dan para peternaknya semakin sejahtera,” ujarnya.

Acara syukuran tersebut, ditutup dengan pemotongan tumpeng sebagai simbol rasa syukur atas pembangunan jalan yang telah selesai.

Bupati Nina juga berkesempatan untuk meninjau langsung kondisi kandang sapi bersama para peternak.

Selain Bupati Nina, turut hadir Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), kepala dinas terkait, kepala Bappeda, camat Cikedung.

Kemudian, pimpinan Bank BJB Cabang Indramayu, Direktur PDAM, serta sejumlah Kuwu dan ketua MUI Kecamatan Cikedung.***