BERITA TEKNO, ruber.id – Kreator YouTube tampaknya sekarang mulai ketar-ketir. Sebab para penggunanya banyak yang beralih ke TikTok.
Ada riset yang menyebutkan, YouTube kini mulai banyak ditinggalkan dan mereka beralih ke TikTok. Benarkah demikian?
Hasil Riset TikTok Sodok YouTube
Menurut penelitian sebuah perusahaan riset aplikasi dari mobile App Annie. Mulai dari Juni lalu atau akhir kuartal II, TikTok mulai menyodok posisi YouTube sebagai platform video dan streaming.
Riset itu menyebutkan, jika pengguna internet di Amerika Serikat (AS) ternyata lebih kecanduan TikTok ketimbang YouTube.
Setiap dari netizen AS diketahui rata-rata menghabiskan waktu, minimal 24 jam di setiap bulannya.
Hanya demi melihat rentetan video yang diunggah di TikTok.
Sementara itu, riset juga memaparkan secara gamblang, jika warganet AS hanya menghabiskan waktu 22 jam 40 menit demi menonton YouTub, durasi yang lebih singkat dari TikTok.
Padahal, tahun lalu, saat pandemi Covid-19, YouTube sempat merajai internet dengan penggunanya yang menghabiskan waktu seharian per bulan.
Pengguna TikTok di Inggris Meningkat
Sementara di Inggris, penggemar TikTok juga meningkat, bahkan terhitung sejak Mei tahun 2020, lalu.
Meski mereka tidak meninggalkan YouTube, tapi durasi menonton kedua platform unggahan video itu sangat berbeda jauh. Perbedaannya cukup signifikan.
Warganet Inggris menghabiskan waktu 26 jam untuk melihat-lihat alias scrooling video di TikTok.
YouTube agak bernasib nahas. Netizen Negeri Tiga Singa ini menghabiskan 16 jam saja kala melihat platform buatan Steve Chen ini.
Belum Riset Pengguna iOS
App Annie mengungkapan, jika pihak mereka baru meriset pengguna Android saja.
Mereka, belum menyentuh pengguna yang ponselnya bersistem operasi iOS.
Alasan TikTok Ungguli YouTube
Dari hasil riset mereka, App Annie memberikan tanggapan jika kesuksesan aplikasi besutan ByteDance ini justru pada video dengan durasi yang pendek-pendek.
Sehingga, tak membosankan siapa pun yang melihat.
Faktor lainnya, yakni banyaknya konten yang related dengan kehidupan sehari-hari manusia. Otentik dan personal.
Bahkan, di TikTok juga bisa siaran langsung.
Atas keunggulan ini, YouTube akhirnya membuat fitur serupa tapi tak sama.
Yakni YouTube Shorts, berisi format video lebih pendek kurang dari satu menit.
Meski demikian, studi tersebut baru di AS dan Inggris.
App Annie juga menyebutkan, jika dihitung negara di dunia secara keseluruhan, YouTube tetap lebih unggul.
Malah, perolehannya lebih besar ketimbang TikTok.
Menurut catatan BBC, YouTube memiliki pengguna sebanyak 2 miliar. Sementara TikTok, hanya 700 juta orang saja.
Selain itu, aplikasi TikTok selama pandemi ternyata yang paling banyak diunduh.
Mengalahkan Facebook yang Agustus 2021, lalu, tersingkir di nomor dua.
Pengguna menyebutkan, kelakuan random orang-orang di TikTok bisa dilihat secara lebih dekat lewat video.
Dan hal inilah yang membawa hiburan tersendiri untuk para pengguna TikTok.
Penulis: Ardini Maharani DS
Editor: Bam