Warga Terdampak Tol Cisumdawu di Licin Ngadu ke Wabup Sumedang

Warga Terdampak Tol Cisumdawu di Licin Ngadu ke Wabup Sumedang

BERITA SUMEDANG, ruber.id – Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan menemui warga terdampak Tol Cisumdawu di Desa Licin, Kecamatan Cimalaka, Senin (30/8/2021).

Erwan didampingi Camat Cimalaka Taufik Hidayat Slamet dan unsur Forkopimda tingkat kecamatan lainnya, Kepala Desa Licin Oos Rohayat beserta jajaran, dan perwakilan PT Wika serta PT CKJT.

Kepala Desa Licin Oos Rohayat menyebutkan, sebanyak 140 lahan milik warga di Desa Licin terkena proyek Tol Cisumdawu. Dan 32 bidang lahan di antaranya belum mendapatkan pembayaran.

“Saya harapkan dalam pertemuan ini akan ada solusi dari CKJT dan pihak Wika, terkait percepatan proses pembayaran,” katanya.

Sementara itu, Erwan mengatakan, ada permasalahan yang perlu diselesaikan secepatnya terkait pembebasan lahan dan menyangkut hak warga.

Baca juga:  Sumedang Catatkan 26 Kasus COVID-19 Baru, 13 di Antaranya dari Conggeang

“Terkait percepatan proyek Tol Cisumdawu di Licin, masih ada hak-hak warga yang belum terpenuhi. Saya akan terus kawal persoalan ini sampai ada kepastian pembayaran,” ujarnya.

Erwan berharap pertemuan ini dapat menghasilkan kesepakatan yang menjadi solusi. Baik itu bagi warga Desa Licin yang terdampak, maupun bagi pemerintah.

“Saya datang ke desa untuk menjembatani permasalahan ini. Saya harapkan pertemuan ini menghasilkan solusi terbaik. Sehingga tidak ada yang dirugikan,” katanya.

Erwan Sesalkan Pimpinan PT Wika dan PT CKJT Tak Hadir

Namun demikian, Erwan menyayangkan karena yang hadir dari PT Wika dan PT CKJT bukan merupakan pucuk pimpinan. Sehingga tidak bisa langsung mengambil keputusan.

Baca juga:  Cegah Separatisme, Kodim Sumedang Kumpulkan Tokoh Masyarakat

“Kita inginnya yang hadir adalah pimpinannya yang bisa mengambil keputusan langsung. Atas berbagai apresiasi warga yang terdampak di Desa Licin ini. Jangan diwakilkan,” tuturnya.

Oleh karena itu, Erwan meminta agar ada pertemuan khusus yang dihadiri pimpinan PT Wika, PT CKJT, LMAN bersama warga untuk mendapatkan jawaban pasti.

“Saya yakin warga sangat mendukung dan tidak akan menghambat proyek ini. Namun, mereka ingin kejelasan dari pihak terkait kapan dibayar. Insya Allah, saya akan mendampingi perwakilan warga pada pertemuan nanti,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Licin yang terdampak pembangunan Tol Cisumdawu, Yani Anggraeni menyebutkan, dirinya bersyukur atas kehadiran wakil bupati yang mau menindaklanjuti aspirasi mereka.

Baca juga:  Damkar Sumedang Musnahkan Sarang Tawon

“Ini tentunya menjadi suatu kebanggaan bagi kami. Pemerintah hadir untuk menjembatani dan memberikan solusi yang terbaik bagi warga. Saya juga berharap hak kami segera dibayarkan,” sebutnya.