27.4 C
Indonesia
Selasa, Oktober 19, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

62 Kades Terpilih di Pangandaran Dilantik, Bupati Jeje: Harus Pintar Cari Sumber Anggaran

BUPATI Jeje lantik 62 kades terpilih di Pangandaran

62 Kades Terpilih di Pangandaran Dilantik, Bupati Jeje: Harus Pintar Cari Sumber Anggaran

PANGANDARAN, ruber.id — Sebanyak 62 kepala desa (kades) pemenang Pilkades serentak 2019 di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, resmi dilantik hari ini, Kamis (19/12/2019).

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, pelantikan berdasarkan SK Bupati Pangandaran Nomor: 141.1/Kpts.414-Huk/2019, tanggal 19 Desember 2019 tentang pengesahan dan pengangkatan calon kepala desa terpilih.

“Kami meminta kepada kades terpilih untuk tidak terjebak dengan rutinitas kantor nantinya,” katanya kepada ruber.id usai pelantikan di halaman Kantor Sekretariat Daerah Pangandaran.

Jeje menuturkan, dirinya tidak berharap
aktivitas kades hanya diam di kantor yang sifatnya mengurusi administrasi saja. Karena, masyarakat tidak akan pernah ingin tahu hasil penilaian administrasi di pemerintahan desa.

BACA JUGA:  Di Tangan Kapolsek, Limbah Kayu Jadi Patung Artistik

“Masyarakat inginnya serba nyaman dan bagus. Sarana umum dan fasilitas yang dibutuhkan mereka perlu direalisasikan. Buktikan janji saat kampanye agar tidak kecewa,” tuturnya.

Seorang kades, kata Jeje, harus pintar mencari dan mampu merealisasikan anggaran untuk pembangunan atau fasilitas umum di desanya.

“Jika anggaran untuk pembangunan tidak teranggarkan di APBDes, maka tugas kades itu harus pintar dalam mencari sumber anggaran dari yang lainnya,” ujarnya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pangandaran Dani Hamdani menambahkan, pelantikan kades dilakukan dalam dua tahap.

Tahap pertama, pada hari ini sebanyak 63 kades dan tahap kedua pada Januari atau Maret 2020 yang diikuti lima kades.

BACA JUGA:  Bupati Pangandaran Kesal, Gaji Karyawan Hotel Masih di Bawah UMK

Namun, ada satu kades terpilih dari Desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak, Asep Purnama tidak bisa mengikuti pelantikan hari ini lantaran sakit.

“Jadi yang dilantik hari ini ada 62 kades. Asep Purnama kemungkinan ikut ditahap kedua,” tambahnya. dede ihsan

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles