4 Kades Dilantik, Bupati Pangandaran Minta Tidak Ganti Perangkat Desa

  • Bagikan

PANGANDARAN, ruber.id — 4 kepala desa (Kades) terpilih dalam Pilkades 30 November 2019 lalu, resmi dilantik. Para kades dituntun untuk menciptakan iklim yang kondusif.

Pelantikan dan pengambilan sumpah keempat kades tersebut dipimpin Bupati Jeje Wiradinata di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Senin (10/2/2020).

Ke 4 kades yang dilantik ini, di antaranya Oban Subandi (Kades Jayasari); Suryaman (Kades Bojongkondang); Iman Suwangsa (Kades Padaherang) dan Rasyo Sunaryo (Kades Panyutran).

Jeje mengatakan, para kades diminta untuk tidak melakukan mutasi rotasi atau mengganti perangkat desa seenaknya, apalagi berdasarkan suka dan tidak suka.

Mutasi dan pergantian perangkat, kata Jeje, harus objektif. Sebaiknya, jangan ada pergantian perangkat desa diawal masa bekerja kades.

“Ciptakanlah iklim yang kondusif di setiap desa yang ada di Kabupaten Pangandaran,” katanya.

Jeje menuturkan, kades yang terpilih dalam pelaksanaan Pilkades serentak lalu, wajib untuk merangkul seluruh warganya, tanpa melihat dukungan mereka.

Sebab, kata Jeje, masyarakat memilih calon kades itu bukan cek kosong, namun ada berbagai harapan mereka untuk kemajuan di desa ke depannya.

Jeje menyebutkan, kemajuan Kabupaten Pangandaran dalam membangun bukan karena pemimpinnya hebat, tapi dengan kebersamaan dari berbagai elemen masyarakat.

Maka, kata Jeje, seorang kades dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Kades itu harus mempunyai gagasan baru dalam menggali potensi desa. (R002/dede ihsan)

Berita Terkait: 62 Kades Terpilih di Pangandaran Dilantik, Bupati Jeje: Harus Pintar Cari Sumber Anggaran

  • Bagikan