24.4 C
Indonesia
Minggu, September 19, 2021
spot_img

Ups, Ada Insiden Bendera Jatuh Saat Upacara Hari Lahir Pancasila di Gedung Sate

Bandung, ruber —  Insiden terhempasnya bendera merah putih terjadi di sela Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (1/6/2019) pagi. Walaupun begitu, tahap demi tahap upacara tetap berlangsung dengan khidmat.

Peristiwa itu terjadi saat Paskibraka sudah menaikkan bendera merah putih pada ujung tiang bendera. Tiba-tiba bendera tersebut jatuh terhempas tepat di atas kepala ketiga pria Paskibraka.

Dengan sigap, ketiga orang petugas upacara tersebut mengambil bendera dan membentangkannya hingga upacara tuntas.

BACA JUGA:  Kesaktian Pancasila: PP Kota Banjar Upacara dan Tabur Bunga

Agaknya, salah satu pengait bendera patah. Diduga, hal itulah yang membuat bendera terjatuh.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, insiden tersebut hanyalah masalah teknis. Ia meminta hal tersebut tidak dibesar-besarkan.

BACA JUGA:  Viral! Tali Bendera Copot Saat Peringatan HUT RI di Kota Banjar

“Itu masalah teknis ya, tak perlu dibesar-besarkan. Saya juga dulu Paskibraka,” kata Emil kepada wartawan, seusai upacara, sebagaimana dilansir detik.com.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menduga jatuhnya bendera itu karena pengait tidak terkunci ketika sudah berada di puncak tiang.

“Harusnya pengait itu masuk dan dikunci lagi. Tapi mungkin ada penyebab satu dan lain hal. Kelelahan, puasa, atau apalah. Tapi kita kan tetap ada SOP sampai upacara selesai, posisi bendera tetap berkibar,”

BACA JUGA:  Viral! Tali Bendera Copot Saat Peringatan HUT RI di Kota Banjar

Insiden bendera tersebut, imbuh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, harus jadi bahan evaluasi agar tak terulang kembali di kemudian hari. red

Foto: UPACARA di Gedung Sate. ils./ruang berita

 

BACA JUGA:  Kesaktian Pancasila: PP Kota Banjar Upacara dan Tabur Bunga

 

SUMBER: detik.com

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles