21.4 C
Indonesia
Jumat, September 17, 2021
spot_img

Unpad Mulai Vaksinasi Covid-19 bagi Dosen

BERITA BANDUNG, ruber.id – Universitas Padjadjaran (Unpad) mulai melakukan vaksinasi Covid-19 kepada dosen dan guru besar. Vaksinasi yang dilakukan kepada dosen dan guru besar berusia 60 tahun ke atas.

Pelaksanaannya digelar di Klinik Kesehatan Unpad, Jalan Dipati Ukur Nomor 46, Bandung, Senin (15/3/2021), Rabu (17/3/2021), dan Jumat (19/3/2021).

Vaksinasi Dosen Unpad

Direktur Utama Klinik Kesehatan Unpad Achmad Hussein S. Kartamihardja menyebutkan, tiap hari, proses vaksinasi Covid-19 akan dialokasikan sebanyak 50 orang. Selama tiga hari, dengan total tenaga pendidik berusia lanjut yang akan divaksinasi sebanyak 150 orang.

“Kami ajukan lebih. Ternyata dalam verifikasi ada dosen-dosen yang sudah divaksinasi di RSHS maupun di RS Cicendo. Sehingga, kami tentukan totalnya ada 150 orang,” kata Prof. Hussein.

Prof. Hussein mengatakan, proses vaksinasi ini sesuai dengan protokol yang ditetapkan. Para dosen yang diperbolehkan adalah mereka yang dinyatakan sehat dan tidak memiliki penyakit kronis atau komorbid.

Secara nasional, syarat lansia yang bisa divaksinasi yakni tidak mengalami kesulitan menaiki 10 anak tangga. Kemudian, tidak memiliki 5 dari 11 penyakit kronis dan komorbid, tidak gampang lelah.

Selain itu, tidak mengalami penurunan berat badan signifikan dalam setahun terakhir. Dan tidak mengalami kesulitan berjalan sejauh 100-200 meter.

Oleh karena itu, setiap dosen akan diajukan pertanyaan terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi fisiknya.

“Contohnya, sering kami temukan seseorang sehat tetapi ternyata hipertensi atau tensinya tinggi. Atau punya autoimun. Maka yang bersangkutan tidak boleh dulu disuntik vaksin,” kata Prof. Hussein.

Vaksinasi Covid-19 dilakukan langsung oleh tenaga kesehatan di Klinik Kesehatan Unpad. Usai vaksinasi pertama, para dosen akan kembali menjalani dosis kedua di Klinik Unpad, sebulan kemudian.

“Vaksin Covid-19 ini diharapkan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga, bisa menghambat terkena Covid-19. Selain itu juga berharap, tidak menularkan ke orang lain,” ujar Prof. Hussein.

Prof. Hussein mengatakan, Klinik Kesehatan Unpad sudah dipercaya Dinas Kesehatan Kota Bandung. Sebagai salah satu lokasi penyuntikan vaksin Covid-19 di Kota Bandung. Dimulai dari tenaga kesehatan, lalu kelompok lansia umum, hingga kelompok dosen dan guru besar lansia Unpad yang digelar saat ini.

Selanjutnya, Klinik Kesehatan Unpad juga telah berencana melakukan penyuntikan vaksin terhadap dosen dan tenaga kependidikan.

“Kami sedang kerjasama dengan Dinkes Provinsi Jabat untuk mendapatkan jatah vaksin. Bagi seluruh sivitas akademika dan tendik di bawah 50 tahun. Kami usahakan mudah-mudahan di minggu keempat bulan ini (Maret),” kata Prof. Hussein. (R003)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles