THR PNS Cair Mulai 22 April 2022, Gaji ke-13 Bulan Juli

THR PNS Cair Mulai H-10 Idulfitri 2022, Gaji ke-13 Bulan Juli
Foto ilustrasi from Pixabay Istockphoto

BERITA NASIONAL, ruber.id Tunjangan Hari Raya bagi aparatur negara (PNS) dan pensiunan akan dicairkan mulai H-10 sebelum Idulfitri 2022, atau mulai 22 April 2022.

Hal itu diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam konferensi pers secara virtual, Sabtu (16/4).

Menurut Sri, pencairan THR PNS telah disesuaikan dengan kemampuan anggaran negara, di tengah lonjakan harga-harga akibat invasi Rusia ke Ukraina yang belum juga selesai.

“Jika terjadi beberapa kasus, jika belum bisa dilakukan karena masalah teknis, maka bisa dilakukan setelah Lebaran.”

“Saya berharap bisa dicairkan mulai H-10 sehingga ASN bisa mendapatkan sebelum Lebaran,” kata Sri dilansir dari CNN Indonesia, Sabtu (16/4).

Baca juga:  Sri Mulyani Tagih Utang Lapindo Rp768 Miliar

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Pemerintah tentang Pemberian THR dan Gaji 13 AS, TNI, Polri, ASN Daerah, Pensiunan, Penerima Pensiun dan Pejabat Negara pada Kamis (14/4).

THR akan cair lengkap dengan tambahan tunjangan kinerja 50%, berlaku untuk PNS, PPPK, TNI, Polri, pejabat negara. Dewan pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi, pimpinan Lembaga Penyiaran Publik, serta pegawai non-PNS.

Gaji ke-13

Sementara untuk gaji ke-13 bagi pegawai negeri sipil (PNS) pusat dan daerah, TNI, dan Polri akan cair pada Juli 2022. Ketentuan ini tertuang di Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2022.

“Ini seperti yang selama ini dilakukan, tujuannya untuk membantu seluruh aparatur terutama menjelang tahun ajaran baru yang dilaksanakan pada Juli. Yang biasanya, identik terhadap kebutuhan belanja bagi putra-putri, anak-anak ASN, TNI, Polri,” ungkap Ani, sapaan akrabnya saat konferensi pers virtual, Sabtu (16/4).

Baca juga:  Gempa Guncang Lombok, Puluhan Wisatawan Jadi Korban

Sumber dana gaji ke-13 untuk PNS pusat berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sementara untuk gaji ke-13 PNS daerah berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Nantinya, pemerintah pusat akan menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) terkait pencairan gaji ke-13 bagi PNS pusat. Sementara yang di daerah mengaju pada Peraturan Kepala Daerah (Perkada).

“Kebijakan pemberian THR dan gaji ke-13, diharapkan bisa terus memberikan faktor yang makin kondusif. Untuk masyarakat dalam beraktivitas dan menjalankan kegiatan dan untuk membantu ekonomi Indonesia,” tuturnya.

Editor: R004