Tetap Semangat Berolahraga Saat Puasa, Begini Caranya

  • Bagikan
Olahraga
Olahraga

ruber – Tak seharusnya aktivitas puasa jadi alasan untuk berleha-leha atau mengeliminasi aneka aktivitas fisik termasuk berolahraga.

Walau sedang puasa, Anda disarankan untuk tetap berolahraga, walau dengan porsi dan jenis yang berbeda.

Anar Allidina, ahli gizi yang berbasis di Ontario, Kanada, menyampaikan sarannya bahwa waktu terbaik untuk berolahraga selama puasa Ramadan adalah sebelum matahari tenggelam.

“Anda bisa memotivasi diri sendiri untuk tetap berolahraga, karena setidak-tidaknya sudah tahu sebentar lagi waktunya berbuka,” kata dia, sebagimana dilansir dari Global News.

Jika jadwal kegiatan Anda sangat padat, Allidina merekomendasikan berolahraga sekitar satu jam setelah makan, dengan porsi tidak terlalu besar.

Dalam waktu satu jam diasumsikan tubuh sudah mencerna sebagian makanan, sehingga sudah energi.

Chrana Iwantha, pelatih kebugaran di gym India Club, Dubai, menyarankan jenis olahraga jalan cepat. Jenis olahraga ini cocok bagi semua kalangan dari berbagai usia.

Buat penggemar jenis olahraga di dalam ruangan atau gym, dia menyarankan untuk menggunakan perangkat dengan kecepatan rendah.

“Ada baiknya fokus pada latihan kardio ringan, dan tidak memaksa tubuh untuk berlatih dengan intensitas tinggi selama berpuasa,” kata Iwantha, sebagaimana dilansir dari Gulf News.

Demi mengimbangi aktivitas berolahraga saat puasa, sebaiknya ada asupan makanan yang tepat. Allidina berpendapat bahwa smoothie bisa memberikan asupan bergizi dalam jumlah tepat. Dia merekomendasikan smoothie yang terbuat dari buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

“Kuncinya ada pada asupan protein. Itulah yang akan membuat Anda kenyang lebih lama,” imbuhnya.

Sedangkan Iwantha merekomendasikan untuk lebih banyak mengonsumsi karbohidrat seperti pisang, selai kacang, dan ubi demi menjaga stamina.

“Sedangkan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, sebaiknya hindari makanan berat, diet tanpa karbohidrat dan lebih memperbanyak asupan daging putih, buah-buahan dan sayuran,” katanya. red

 

SUMBER: detikcom

  • Bagikan