STNK Hilang, Bagaimana Mengurusnya dan Berapa Biayanya?

STNK Hilang, Bagaimana Mengurusnya dan Berapa Biayanya
Foto ilustrawi STNK. ruber.id

BERITA TIPS, ruber.id – Setiap kendaraan tentunya dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan BPKB. Kedua surat wajib kendaraan itu cukup penting.

Setiap tahun, pemilik kendaraan harus memperpanjang STNK dan tiap lima tahun wajib memperbaharuinya.

Lantas, bagaimana jika STNK kendaraan hilang? Bagaimana mengurusnya dan berapa biaya yang harus dikeluarkan?

Melansir dari CNN Indonesia, sebelum ingin mengurus STNK yang hilang, Anda perlu menyiapkan sejumlah dokumen. Sepetlrti surat keterangan kehilangan kepolisian, KTP, fotokopi STNK hilang, dan BPKB asli.

Jika tidak ada fotokopi STNK, Anda bisa mengingat nomor serinya. Sedangkan untuk surat keterangan kehilangan dari kepolisian, Anda perlu meminta surat pengantar dari desa.

Baca juga:  Ciri Cream Pemutih Wajah Berbahaya, Jangan Dibeli

Merangkum dari berbagai sumber, setelah semua dokumen tersebut disiapkan, Anda tinggal pergi ke kantor Samsat. Di tempat ini, Anda akan diminta melakukan beberapa tahapan, meliputi:

Cek Fisik Kendaraan

Prosedur ini dilakukan dengan menggesek nomor rangka dan mesin. Proses ini dibantu oleh petugas di Samsat. Setelah selesai, hasil cek fisik tersebut dibawa untuk difotokopi.

Isi Formulir Kendaraan

Isilah formulir setelah membawa fotokopi cek fisik dan rangka. Setelah itu, bawa formulir ke bagian loket pengurusan STNK hilang.

Di loket tersebut, Anda akan diminta surat kehilangan, fotokopi KTP, fotokopi STNK, dan BPKB asli.

Pastikan Kendaraan Tidak Diblokir