21.4 C
Indonesia
Minggu, Oktober 17, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

Sering Mimisan? Waspada, Bisa Jadi Anda Mengidap Penyakit Berbahaya Ini

Ilustrasi mimisan atau hidung berdarah. net/ruber.id

ruber.id — Anda tentunya pernah melihat seseorang mengalami mimisan? Atau mungkin keluarga bahkan Anda sendiri pernah mengalaminya.

Mimisan merupakan masalah kesehatan yang ditandai dengan adanya perdarahan dari hidung. Kondisi seperti ini dapat terjadi akibat pecahnya pembuluh darah di dalam hidung. Mimisan dapat terjadi pada siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Penyebab mimisan beragam. Mulai dari hal ringan seperti terjadi benturan hingga pertanda adanya penyakit serius di tubuh. Pada umumnya, mimisan dapat berhenti dengan sendirinya, tanpa perlu melakukan perawatan medis yang serius.

Akan tetapi, pada kondisi mimisan yang terlalu sering atau berkepanjangan, maka penderitanya perlu waspada. Sebab, bisa saja itu merupakan salah satu gejala dari adanya penyakit berbahaya.

Dilansir dari Liputan6.com, ini beberapa penyakit yang ditandai dengan mimisan berkala atau terlalu sering.

Leukemia atau Kanker Darah

Penyakit leukemia, atau yang biasa dikenal dengan kanker darah, merupakan penyakit yang menyerang sel-sel darah putih (Leukosit) di dalam tubuh. Penyakit ini, menyerang sumsum tulang dan menimbulkan produksi sel-sel darah putih secara abnormal.

Penderita leukemia juga biasanya mengalami gejala seperti mudah lelah, lemah, pusing, sakit kepala, sesak napas, kulit pucat. Selain itu, mudah terkena berbagai infeksi, demam, mudah memar atau berdarah gusi rentan berdarah, pembengkakan, nyeri sendi, dan mudah mimisan.

Terdapat beberapa komplikasi yang biasa terjadi pada penderitanya. Di antaranya, komplikasi yang terjadi berhubungan dengan menurunnya fungsi sel darah putih di dalam tubuh penderita, seperti infeksi berat (sepsis).

Tidak hanya itu, apabila fungsi trombosit menurun, dapat terjadi juga pendarahan di berbagai area tubuh, seperti otak, paru, dan pencernaan. Pada komplikasi infeksi yang berat dan perdarahan pada leukemia dapat mengancam nyawa penderitanya.

Hemofilia

Hemofilia merupakan penyakit yang disebabkan karena tubuh kekurangan protein. Ya, protein sangat dibutuhkan dalam proses pembekuan darah apabila terjadi perdarahan sehingga sering disebut juga sebagai faktor pembekuan.

Pada keadaan normal, protein yang menjadi faktor pembeku darah akan membentuk jarring penahan di sekitar sel darah, sehingga ketika mimisan terjadi darah akan membeku dengan cepat dan perdarahan pun berhenti.

Tetapi, pada penderita hemophilia, kekurangan protein ini bisa mengakibatkan perdarahan berkepanjangan. Penderita hemofilia yang sedikit kekurangan protein pembeku darah, biasanya akan mengalami perdarahan karena terbentur atau iritasi.

Penderita yang banyak kekurangan protein pembeku darah, biasanya akan mengalami perdarahan spontan tanpa penyebab. red

Selengkapnya klik disini.

Sumber: liputan6.com

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles