21.4 C
Indonesia
Rabu, September 22, 2021
spot_img

RPH Tuntas, Sidang Putusan Gugatan Pilpres 2019 Digelar Cepat

ruber — Sidang putusan gugatan hasil pilpres akan digelar Kamis (27/6/2019). Jadwal ini lebih cepat, karena sebelumnya, sidang putusan ini diagendakan pada Jumat (28/6/2019).

Menurut juru bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono, Rapat Permusyawaratan Hakim atau RPH telah tuntas.

“RPH hari ini sudah selesai, sehingga sidang putusan dimajukan tanggal 27,” ujarnya, Senin (24/6/2019).

Fajar menyebutkan, MK memiliki tenggat waktu menyelesaikan sengketa hasil Pilpres, termasuk sidang putusan pada 28 Juni.

Tetapi karena majelis hakim konstitusi sudah siap dengan putusan atas gugatan, maka sidang diputuskan digelar pada Kamis (27/6/2019), jam 12.30 WIB.

BACA JUGA:  Jangan Pekerjakan Lagi Debt Collector Sialan, Putusan MK: Penarikan Unit Jangan Sepihak, Harus Lewat Pengadilan

Fajar mengatakan pemberitahuan kepada pemohon, termohon, dan pihak terkait sudah dikirimkan.

Agenda RPH pada hari ini adalah membahas dan mengambil keputusan berdasarkan fakta yang terungkap di persidangan, alat bukti, dan keyakinan hakim atas permohonan gugatan Pilpres yang diajukan Prabowo-Sandiaga.

BACA JUGA:  Jangan Pekerjakan Lagi Debt Collector Sialan, Putusan MK: Penarikan Unit Jangan Sepihak, Harus Lewat Pengadilan

Sesuai ketentuan dalam UU MK, sidang sengketa pilpres dibatasi selama 14 hari kerja. Sedangkan jadwal RPH dalam rentang waktu 24 hingga 27 Juni 2019.

Dalam persidangan, tim hukum capres-cawapres Prabowo-Sandiaga dalam permohonan gugatannya meminta MK mendiskualifikasi capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin.

Sedangkan dalam petitumnya memohon agar pasangan nomor urut 02 ini ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2019.

BACA JUGA:  Jelang Sidang MK, Polres Sumedang Siapkan Pengamanan

KPU dan tim hukum Jokowi-Ma’ruf Amin dalam jawaban atas gugatan meminta MK menolak seluruh permohonan tim Prabowo-Sandiaga. red

Foto: GEDUNG Mahkamah Konstitusi di Jakarta/net

SUMBER: detik.com

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles